Harga Samsung Galaxy A9 dan Spesifikasinya

Para calon pembeli yang sedang mencari sebuah smartphone kelas high-end dari Samsung mempunyai cukup banyak pilihan. Salah satu yang tampaknya menjadi primadona di pasaran adalah Samsung A9. Harga Samsung A9 di Indonesia saat ini sekitar 6,3 juta rupiah. Tapi, ini adalah harga di beberapa marketplace online. Sedangkan untuk harga di toko-toko penjual smartphone biasanya sedikit lebih mahal. Karena A9 sudah dirilis pada akhir tahun 2015, unit-unit bekasnya sudah tersedia cukup banyak. Harga kondisi bekas sekitar 4 juta rupiah, dengan catatan masih ada sisa garansi dan fisik serta fungsi masih bagus. Sedangkan jika tanpa garansi dan kondisi fisik tidak terlalu bagus, harganya sekitar 3,5 juta rupiah.

Spesifikasi Umum

Samsung Galaxy A9 Spek Utama
Sistem Operasi Android Lolipop
Prosesor Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A72 & 4x1.2 GHz Cortex-A53)
Memori 32 GB, 3 GB RAM
Display Layar sentuh kapasitif tipe Super AMOLED, 16 juta warna, ukuran 6.0 inci, resolusi 1080 x 1920 piksel (~367 ppi)
Konektivitas Wi-Fi dual-band, WiFi Direct, Hotspot, Bluetooth, MicroUSB 2.0
Kamera Depan 8 MP, f/1.9, 24mm, 1080p
Kamera Belakang 13 MP, f/1.9, 28mm, OIS, autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 4000 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Kelebihan

Saat memegang Samsung A9 di tangan, kita langsung bisa menebak bahwa smartphone tersebut bukan smartphone sembarangan. Tampilannya cantik, dan frame nya terbuat dari bahan logam, yang diapit dengan dua 2.5D Gorilla Glass 4. Selain itu, A9 bodinya tipis, hanya 7.4mm saja sehingga walaupun layarnya lebar, ponsel ini tidak merepotkan untuk dibawa. Bodi tipisnya juga memberikan tambahan kesan elegan, karena memang selama ini hanya ponsel-ponsel berharga mahal saja yang bodinya tipis.

Samsung Galaxy A9 merupakan perangkat Android ideal bagi orang-orang yang membutuhkan sebuah smartphone berlayar besar. Tapi tidak hanya besar, layar 6.0 inci milik A9 juga merupakan layar berkualitas tinggi, dengan kemampuan untuk menampilkan gambar dengan warna yang tajam dan detil. Sebenarnya pada Galaxy A9 bukan hanya layarnya saja yang besar. Kapasitas penyimpanan internalnya juga besar, yaitu sebesar 32 GB. Kapasitas penyimpanan sebesar ini lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna smartphone Android. Tapi jika masih saja dirasa kurang besar, para pengguna dapat menambahkan memori dengan microSD.

galaxy a9 2

Performa Samsung Galaxy A9 dalam menjalankan berbagai aplikasi dan melakukan multitasking tidak perlu diragukan lagi. Prosesor octa-core nya, dan RAM 3 GB nya, ditambah dengan GPU Adreno 510, memang sengaja dipilih dengan hati-hati untuk menghasilkan sebuah smartphone yang powerful. Singkatnya, aplikasi Android apapun pasti dapat dijalankannya dengan lancar tanpa kendala.

Memang pada umumnya para pengguna smartphone kelas mid-end atau high-end gemar berfoto. Dan sebenarnya, itu lah salah satu alasan mereka membeli perangkat Android mahal, karena mengharapkan kamera berkualitas tinggi yang mampu menghasilkan gambar memuaskan. Para pengguna Samsung A9 tidak akan merasa kecewa dengan hasil jepretan kamera miliknya. Dengan resolusi 13 MP dan Optical Image Stabilization, mengambil gambar menjadi jauh lebih mudah dan hasilnya terjamin. Kamera depan atau kamera selfie juga tidak kalah bagusnya. Dengan resolusi 8 MP dan berbagai fitur pendukung, selfie sudah pasti menjadi jauh lebih menyenangkan.

Mempunya baterai dengan daya tahan bagus sudah merupakan hal yang wajib bagi sebuah perangkat Android kelas high-end. Karena itu lah, Samsung melengkapi Galaxy A9 dengan sebuah baterai berkapasitas 4,000mAh, yang tentu saja merupakan kapasitas yang besar. Tapi itu belum semuanya, karena smartphone tersebut juga dilengkapi fitur khusus untuk membuat pemakaian tenaga baterai menjadi jauh lebih efisien. Tersedia juga fitur Fast battery charging yang tentunya sangat bermanfaat.

back to menu ↑

Kekurangan

Memang Samsung Galaxy A9 merupakan ponsel high-end dengan banyak kelebihan. Tapi, itu tidak berarti bahwa perangkat tersebut tidak mempunyai kekurangan. Untuk ukuran smart phone Android berharga sekitar 6 jutaan, RAM sebesar 3 GB sebenarnya di bawah standar. Karena, saat ini di pasaran ada banyak tipe ponsel Android berharga jauh lebih murah atau bahkan separuhnya, tapi sudah mempunyai RAM sebesar itu. Memang hal tersebut tidak serta merta menentukan performanya. Tapi bagaimanapun juga, besarnya RAM seringkali menjadi salah satu pertimbangan bagi orang-orang yang sedang mencari smartphone Android.

Tidak adanya lampu notifikasi pada Samsung Galaxy A9 sangat disayangkan. Karena, walaupun terlihat sepele, banyak orang membutuhkan fitur tersebut. Toh sebenarnya itu adalah fitur sangat sederhana, dan bahkan banyak ponsel murah yang memilikinya. Entah atas pertimbangan apa para ahli di Samsung memutuskan untuk tidak memberikan fitur tersebut pada A9. Satu lagi kekurangan dari perangkat ini adalah pada beratnya. Samsung Galaxy A9 tergolong smartphone Android berat. Dengan berat sekitar 200 gram, ponsel tersebut walaupun sebenarnya masih muat, sudah pasti kurang nyaman untuk dibawa di saku kemeja.

 Type Hp SamsungPerkiraan Harga Baru
1S8+
11,200.000
2S89,800,000
3S7 Edge7,100,000
4S76,500,000
5S6 Edge+6,800,000
6S6 Edge7,900,000
7S66,700,000
8S55,100,000
9s41,800,000
10S4 Mini1,400,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply