Harga Samsung J7 Tahun(2017) dan spesifikasinya

Samsung mempunyai lusinan tipe smartphone Android yang sangat laris di pasaran dan sangat banyak peminatnya. Salah satu contohnya adalah Samsung J7. Tipe ponsel pintar berbasis Android ini bukan tipe baru. Tipe Galaxy J7 sudah beredar di pasaran sejak pertengahan tahun 2015. Tapi kemudian, di tahun-tahun berikutnya, yaitu di tahun 2016 dan di tahun 2017, Samsung berturut-turut mengeluarkan versi J7 yang lebih baru. Secara sekilas, tidak mudah untuk melihat perbedaan di antara versi dengan tahun rilis berbeda-beda ini. Tapi tentunya, versi-versi lebih baru, selalu lebih baik dari versi sebelumnya. Biasanya fitur lebih lengkap, dan menggunakan processor lebih canggih. Karena penggemarnya sangat banyak, harga Samsung J7 keluaran tahun 2015 dan 2016 masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan beberapa tipe smartphone keluaran para pesaing Samsung, baik untuk kategori second atau bekas, maupun untuk kategori baru.

Karena sekarang adalah tahun 2017, tentunya yang akan kita bahas lebih mendalam adalah Samsung J7 keluaran tahun ini. Tapi, pastinya tidak hanya sebatas harga Samsung J7 2017 saja, melainkan juga berbagai hal yang penting untuk diketahui tentang ponsel Android ini, termasuk apa saja kekurangan dan kelebihannya.

Baca: Harga Samsung Galaxy S5 dan Spesifikasinya

Desain

Dari segi tampilan fisiknya, sangat sulit untuk membedakan antara J7 keluaran tahun 2015, 2016, dan 2017. Ini karena perbedaan dimensi bodi di antara ketiga versi tersebut hanya 1 atau 2 milimeter saja, atau bahkan kurang dari itu. Tapi ada satu hal unik dari J7 tahun 2017 jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Biasanya, versi terbaru mempunyai bodi paling tipis. Tapi tidak dengan J7 yang kabarnya akan dirilis pada bulan Juli tahun 2017 ini. Bodi versi paling baru ini justru paling tebal jika dibandingkan dengan dua versi pendahulunya. Keluaran tahun 2015 tebalnya 7,5 milimeter, dan keluaran tahun 2016 tebalnya 7,8 milimeter. Sedangkan keluaran terbaru ini tebalnya 7,9 milimeter. Uniknya lagi, jika kita perhatikan dengan seksama, justru seri J7 ini bodinya semakin tebal dari tahun ke tahun. Tapi, walaupun semakin tebal, secara umum Samsung J7 tetap saja tipis, seperti kebanyakan produk lainnya di dalam kelas harga menengah.
Varian warna J7 2017 cukup menarik. Para peminat perangkat Android kelas menengah ini bisa memilih di antara beberapa opsi yaitu hitam, emas, merah muda, dan biru.

Baca: Harga Samsung Galaxy S4 dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Spesifikasi Utama

Memang hal pertama yang terlihat dari sebuah gadget adalah tampilannya. Tapi, biasanya nilai sebuah gadget yang notabene merupakan produk teknologi, bukan dilihat dari tampilan melainkan spesifikasinya, dan performa yang dihasilkan dengan spesifikasi tersebut. Karena, tidak ada gunanya jika sebuah gadget tampilannya memukau, tapi performanya payah. Karena itu, marilah kita lihat dengan seksama spesifikasi J7 terbaru keluaran tahun 2017.

Spesifikasi Samsung J7 Spek Utama
Sistem Operasi Android 7.1 Nougat
Prosesor Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
Memori 16 GB, 3 GB RAM
Display 5.5 inci, 1080 x 1920 piksel (~401 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, USB Type-C 1.0 reversible connector
Kamera Depan 13 MP, LED flash, 1080p
Kamera Belakang 13 MP, f/1.9, autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 3600 mAh battery
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Kelebihan

Daftar di atas memang hanya mencakup spesifikasi utama saja. Kita tidak secara detil membuat daftar fitur Samsung J7. Tapi, dengan melihat daftar ini saja, kita bisa langsung melihat beberapa kelebihan pada ponsel pintar ini.

Kelebihan Samsung J7 Prime
1. Processor berkualitas
2. Memori besar
3. Layar relatif lebar
4. Kualitas layar bagus
5. Mendukung jaringan 4G LTE

Melihat dari kombinasi antara prosesor berkualitas dan RAM besar, Samsung J7 sudah pasti cocok bagi para penggemar game. Dengan spesifikasi yang ditawarkannya, semua game untuk sistem operasi Android pasti bisa dimainkan dengan mulus, tanpa gangguan apapun. Layar J7 relatif besar, sehingga cukup nyaman untuk mata. Walaupun memang, jika kita bandingkan, masih ada beberapa smartphone lainnya di pasaran dengan layar lebih besar. Tapi kita semua tahu bahwa lebih besar tidak selalu lebih bagus. Karena, preferensi orang berbeda-beda. Banyak yang berpendapat bahwa ukuran ponsel terlalu besar justru merepotkan dalam membawanya.

Flash untuk kamera depan juga merupakan nilai plus, terutama bagi para pengguna yang suka selfie. Fitur ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan hasil selfie lebih bagus. Apalagi, Samsung J7 juga tahan debu dan percikan air. Jadi, selfie bisa dilakukan di mana saja tanpa takut J7 yang digunakan menjadi rusak. Singkatnya, J7 cocok untuk dijadikan teman berwisata dan berpetualang ke manapun juga. Tapi ingat, tahan percikan air bukan berarti bahwa Samsung J7 anti air. Dua hal ini, tahan percikan air dan anti air, sering rancu dan membingungkan para pengguna ponsel. Tahan percikan air, atau tahan air, berarti sebuah perangkat mampu menahan percikan air, bukan masuk ke dalam air secara keseluruhan. Sedangkan untuk perangkat dengan label anti air, memang benar-benar bisa dimasukkan ke dalam air dan tetap berfungsi secara normal tanpa menjadi rusak. Jadi jika kita membawa Samsung J7 dalam saku baju kemudian kita kehujanan, ponsel pintar ini akan tetap baik-baik saja. Tapi, jangan sampai kita mencoba mengambil foto dalam air, karena pasti akan rusak.

Galaxy J7 2017 1

Biasanya para pengguna smart phone mengandalkan ponsel mereka sebagai teman setia dalam aktivitas sehari-hari. Berkat kapasitas baterai yang cukup besar, J7 dapat menjadi teman yang dapat diandalkan, setidaknya untuk satu hari penuh, dengan catatan pemakaian standar. Jika digunakan untuk gaming atau streaming video secara terus-menerus, kemungkinan besar baterai tidak akan tahan untuk seharian.

Baca: Harga Samsung Galaxy S8 dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Kekurangan

Walaupun J7 terbaru ini mempunyai banyak kelebihan, ponsel pintar berbasis Android ini juga mempunyai beberapa kekurangan.

Kekurangan Samsung J7
1. Kapasitas penyimpanan internal hanya 16 GB
2. Menggunakan baterai tanam

Untuk ukuran smartphone Android kelas menengah, tapi masuk dalam kategori cukup mahal, Samsung J7 kapasitas penyimpanannya kurang memadai. Tapi tentu saja kecilnya kapasitas penyimpanan bukan masalah serius, karena para penggunanya bisa saja menambahkan microSD sampai dengan 256 GB.

Baterai tanam juga menjadi nilai minus, karena sebagian besar pengguna smartphone kurang menyukainya. Hal tersebut terlihat dari harga smartphone second berbaterai tanam yang cenderung lebih rendah dibandingkan baterai removable. Alasannya tentu saja karena baterai non-removable susah untuk diganti. Untuk menggantinya kita harus ke gerai ponsel terdekat, dan tentunya ada biaya tambahan yang harus kita bayarkan untuk layanan penggantian tersebut. Padahal, seperti kita ketahui, biasanya ponsel setelah digunakan selama beberapa tahun, yang pertama kali bermasalah atau perlu diganti adalah baterainya. Biasanya penggunaan baterai tanam membuat desain bisa menjadi lebih tipis. Tapi tidak pada J7 terbaru, karena justru desainnya paling tebal jika dibandingkan dengan dua versi sebelumnya.

back to menu ↑

Harga Samsung J7 Terbaru di Tanah Air

Karena memang belum resmi diluncurkan, harga Samsung J7 yang dirilis tahun 2017 masih berupa perkiraan saja, yaitu sekitar 3,7 juta rupiah. Ini untuk harga di Indonesia. Untuk di luar negeri, estimasi harga ponsel pintar ini jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 340 Euro, atau setara dengan 5 juta rupiah. Walaupun masih berupa perkiraan, banyak yang pesimis dalam menanggapi kisaran harga J7 terbaru, karena menurut mereka terlalu mahal. Tapi tentunya, terlalu mahal atau tidak, akan terbukti setelah produk ini diluncurkan dan kita bisa melihat reaksi pasar. Tapi, belajar dari yang sudah-sudah, tampaknya para penggemar berat Samsung tidak terlalu sensitif terhadap harga. Artinya, produk-produk dengan harga yang relatif tinggi pun tetap laku keras.

Lihat juga: Harga Samsung J5

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply