Harga Samsung Galaxy E5 dan Spesifikasinya 2017

Samsung Galaxy E5 merupakan smartphone Android kelas menengah yang diluncurkan ke pasar pada awal tahun 2015. Tapi, sebagai perangkat yang sudah beredar selama hampir 3 tahun, E5 sebenarnya belum terlalu tertinggal jika dibandingkan dengan seri-seri keluaran terbaru. Karena, kemampuan prosesor serta besarnya RAM yang dimilikinya masih memadai untuk menjalankan sebagian besar aplikasi Android terbaru yang ada saat ini. Jadi, tidak heran jika sampai sekarang harga Samsung E5 kondisi second masih relatif tinggi. Beberapa penjual di salah satu online marketplace menawarkan produk ini dengan harga sekitar 1,4 sampai 1,6 juta rupiah. Ini memang kurang dari separuh harganya dulu waktu diluncurkan. Tapi untuk ukuran barang elektronik yang sudah berumur hampir 3 tahun, harga tersebut tidak murah.

Baca: Harga Samsung Galaxy Ace 3 dan Spesifikasinya

Spesifikasi Utama

Spesifikasi samsung E5 Spek Utama
Sistem Operasi Android 4.4.4 (KitKat)
Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Memori 16 GB, 1.5 GB RAM
Display Layar sentuh kapasitif Super AMOLED, 16 juta warna, ukuran 5.0 inci, resolusi 720 x 1280 piksel (~294 ppi)
Konektivitas WLAN, Bluetooth, MicroUSB 2.0
Kamera Depan 5 MP, f/2.2, 23mm, 1080p@30fps
Kamera Belakang 8 MP, f/2.2, 31mm, autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 2400 mAh
Jaringan GSM / HSPA
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Desain

Untuk ukuran smartphone Android kelas menengah, desain Samsung Galaxy E5 cukup menarik. Bodinya tidak terlalu tebal dan juga ringan sehingga cocok untuk dibawa di dalam saku baju. Untuk warna, tipe ini tersedia dalam warna hitam, putih, dan coklat.

Baca: Harga Samsung Galaxy V Plus dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Kelebihan

Untuk ukuran smartphone Android kelas menengah keluaran awal tahun 2015, prosesor dan RAM Galaxy E5 cukup bagus. Bahkan, racikan tersebut masih cukup bagus untuk menjalankan berbagai aplikasi terbaru di tahun 2017 ini. Kamera belakang dan kamera depan perangkat ini tergolong standar, dengan resolusi 8 MP dan 5 MP. Tapi, keduanya sudah cukup untuk menghasilkan jepretan dan rekaman video yang memuaskan. Jadi, tidak heran jika sampai sekarang masih banyak orang yang ingin membeli ponsel Android ini.

e5-2

Memori internal pada Samsung Galaxy E5 relatif besar. Kapasitas 16 GB biasanya baru akan habis setelah waktu cukup lama jika hanya digunakan oleh para pengguna ponsel kebanyakan. Tapi memang, jika digunakan oleh mereka yang hobi mengambil foto serta merekam video, kapasitas memori tadi pasti kurang besar. Untungnya, pada E5 terdapat slot microSD yang kompatibel untuk kartu microSD sampai dengan 64 GB. Jadi, para pengguna Samsung E5 yang kehabisan memori internal tidak perlu khawatir karena mereka dapat dengan mudah menambah sendiri kapasitas penyimpanannya.

Untuk standar HP Android keluaran tahun 2015, layar 5.0 inci milik E5 tergolong lebar. Jadi, tidak heran jika dulu saat diluncurkan perangkat tersebut menjadi incaran para penggemar game Android serta para penggemar selfie. Karena, selain performa prosesor dan GPU nya bagus, layar 5.0 inci nya sangat nyaman untuk bermain game. Dan jika digunakan untuk mengambil foto, layar lebar memberikan keleluasaan saat melihat hasil jepretan ataupun mengeditnya. Kebanyakan smartphone memang harus menemani pemiliknya dalam segala kegiatan, apapun resikonya. Karena itu lah, Samsung E5 sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4. Memang ini bukanlah perlindungan yang sempurna. Tapi setidaknya dengan adanya Gorilla Glass, resiko kerusakan bisa diminimalkan.

Baca: Harga Samsung Galaxy S3 dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Kekurangan

Banyak orang yang menyayangkan sistem penggunaan microSD pada Samsung E5, karena menggunakan slot kartu sim kedua. Padahal, kebutuhan akan dua kartu sim serta memori tambahan saat ini sama pentingnya. Karena, sekarang sebagian besar pengguna ponsel mempunyai lebih dari dua nomor. Dan di sisi lain, mereka juga membutuhkan kapasitas penyimpanan besar.

e5-3

Penggunaan baterai tipe tanam atau non-removable pada E5 juga banyak disayangkan. Karena, walaupun hal ini dapat meminimalkan ketebalan sebuah perangkat, penggantian baterai menjadi sulit dan tidak bisa dilakukan sendiri oleh para penggunanya. Padahal jika dilihat dari ketipisan perangkat, E5 juga tidak terlalu tipis. Apalagi mengingat bahwa pada awal tahun 2015 sebenarnya sebagian besar perangkat masih menggunakan baterai tipe removable.

Sebenarnya hanya ada satu hal yang membuat E5 benar-benar tertinggal jika dibandingkan seri-seri terbaru, yaitu tidak adanya akses 4G. Karena jika membaca pendapat para pengguna ponsel tersebut, rata-rata masih puas dan merasa nyaman menggunakan E5, dan hanya menyayangkan tidak adanya akses 4G.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply