Harga Samsung Galaxy S8 dan Spesifikasinya 2017

Samsung memang menyediakan banyak pilihan bagi para konsumen yang membutuhkan gadget high-end. Salah satunya adalah Samsung Galaxy S8. Produk ini termasuk produk baru karena baru dirilis pada bulan April tahun 2017 ini. Saat ini, harga Samsung S8 sekitar 9,7 juta rupiah. Jadi, perangkat ini harganya tergolong mahal, bahkan untuk sebuah perangkat high-end sekalipun. Tapi, tentu saja harga mahal ini bukan tanpa alasan. Segalanya pada ponsel pintar ini merupakan hal-hal berkualitas premium, mulai dari bahan pembuatan bodi, sampai dengan komponen di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat apa saja yang ditawarkan oleh S8.

Spesifikasi Utama

Samsung Galaxy S8 Spek Utama
Sistem Operasi Android 7.0 (Nougat)
Prosesor Octa-core (4x2.3 GHz & 4x1.7 GHz) - EMEA
Memori 64 GB, 4 GB RAM
Display Layar sentuh kapasitif Super AMOLED, 16 juta warna ukuran 5.8 inci, resolusi 1440 x 2960 piksel (~570 ppi)
Konektivitas Wi-Fi dual-band, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth, USB 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Kamera Depan 8 MP, f/1.7, autofocus, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
Kamera Belakang 12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Baca: Harga Samsung Galaxy Grand Prime dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Desain

Seperti kebanyakan ponsel Android high-end, Samsung 8 juga mempunyai desain cantik. Bentuk bodi perangkat tersebut didesain dengan sangat hati-hati, dengan memperhitungkan banyak hal, dan menggunakan material-material berkualitas tinggi. Ponsel S8 mempunyai layar berukuran 5.8 inci. Ukuran tadi dipilih karena dianggap sudah cukup besar sehingga nyaman di mata, tapi tetap tidak terlalu besar sehingga S8 tetap nyaman dalam genggaman tangan. Jika kita perhatikan bodi S8 dengan seksama, kita akan melihat bahwa ponsel Android ini benar-benar mulus dan solid. Tidak ada tepian bersudut tajam, ataupun tonjolan mengganggu. Satu hal yang membuat S8 jauh berbeda dari tipe-tipe ponsel Samsung lainnya adalah tidak adanya tombol apapun di bagian depannya. Sebenarnya hal semacam tadi dapat dengan mudah kita temukan di merek-merek lainnya, tapi relatif baru di merek Samsung.

Baca: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5

back to menu ↑

Kelebihan

Dari segi kemampuannya untuk menjalankan berbagai aplikasi dan fitur, tidak ada yang perlu diragukan lagi dari S8. Prosesor berkualitas, dipadukan dengan RAM 4 GB dan pemroses grafis berkualitas, sudah pasti akan menghasilkan performa yang melebih ekspektasi para penggunanya. Dengan paduan berbagai komponen premium tersebut, tidak ada aplikasi Android yang tidak bisa dijalankannya dengan lancar. Dan memang, seperti itu lah seharusnya performa sebuah perangkat high-end seperti S8.

s4-2

Sebagai ponsel Android berkelas, mempunyai kamera yang mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi merupakan suatu keharusan. Karena itu lah, Samsung mempersenjatai S8 dengan kamera utama 12 MP, dan kamera selfie 8 MP. Memang jika hanya dilihat berdasarkan megapikselnya, tampaknya 12 MP dan 8 MP sudah agak ketinggalan zaman. Tapi sebenarnya, kualitas dari sebuah kamera tidak bisa hanya dilihat dari itu saja. Buktinya, kamera depan dan belakang pada S8 mampu menghasilkan gambar bagus, dan jauh lebih bagus dibandingkan banyak smartphone berkamera bermegapiksel lebih tinggi. Kualitas dua kamera tadi juga didukung fitur-fitur canggih. Contohnya, kamera pada ponsel ini dapat mengatur fokus sangat cepat, sehingga para penggunanya tidak akan ketinggalan momen-momen istimewa untuk diabadikan. Ini berkat sensor Dual Pixel dan lensa berkualitas tinggi.

Bagi orang-orang yang mencari sebuah smartphone Android dengan fitur keamanan sangat bagus, Samsung S8 adalah jawabannya. Fingerprint sensor atau sensor sidik jari sudah menjadi hal standar dan banyak dimiliki oleh smartphone mid-end atau bahkan low-end. Karena itu lah, S8 dilengkapi dengan sesuatu jauh lebih canggih, yaitu Iris Scanner. Fitur tersebut sama persis dengan sesuatu yang sering kita lihat di dalam film action. Dengan fitur keamanan semacam tadi, semua data di dalam Samsung S8 dijamin aman. Selain itu juga tersedia fitur Face Recognition. Jadi, para pengguna S8 bisa memilih, keamanan seperti apa yang ingin mereka gunakan. Dan ini baru dalam tingkat akses untuk membuka ponsel S8 saja. Pada S8 juga tersedia fitur keamanan tambahan yang disebut Secure Folder, untuk menyimpan file-file sangat rahasia.

s4-3

Terlepas dari harganya yang mahal dan biasanya hanya dapat dibeli oleh para eksekutif, sebenarnya Samsung S8 cocok untuk siapa saja, dengan aktivitas seperti apapun juga, bahkan bagi mereka yang lebih banyak berada di luar ruangan sekalipun. Karena, ponsel Android high-end tersebut sama sekali bukan perangkat manja atau mudah rusak. S8 adalah perangkat IP68 certified. Artinya, dia dapat bertahan dalam air dengan kedalaman maksimal 1.5 meter, selama maksimal 30 menit.

Baca: Harga Samsung Galaxy A7 dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Kekurangan

Sangat sulit untuk mencari kekurangan dari ponsel high-end semacam S8. Dan jika kita membaca komentar-komentar dari para pengguna ponsel ini, rata-rata mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak pernah menemui masalah dalam menggunakannya. Memang beberapa orang mengomentari desain Samsung S8 yang terlihat rapuh. Padahal, sebenarnya dengan frame aluminium dan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5, smart phone ini sama sekali tidak rapuh.
Satu hal yang tidak tersedia pada Samsung S8 adalah speaker stereo. Tapi, tampaknya ini sama sekali bukan hal penting, karena memang banyak ponsel mahal yang tidak memilikinya.

 Type Hp SamsungPerkiraan Harga Baru
1S8+
11,200.000
2S89,800,000
3S7 Edge7,100,000
4S76,500,000
5S6 Edge+6,800,000
6S6 Edge7,900,000
7S66,700,000
8S55,100,000
9s41,800,000
10S4 Mini1,400,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply