Harga Samsung J5 dan Spesifikasinya October 2017

Samsung adalah salah satu pemain terbesar di pasar smartphone berbasis Android, khususnya di Indonesia. Walaupun ada banyak perusahaan lain yang juga memproduksi smartphone Android, produk-produk dari Samsung seakan-akan mempunyai tempat spesial di hati para penggunanya. Salah satu tipe ponsel pintar yang belum lama ini diluncurkan oleh Samsung adalah Samsung Galaxy J5. Sebenarnya peluncuran produk tersebut sedikit membingungkan, karena sebelumnya sudah ada Samsung Galaxy J5 yang beredar di pasaran, yaitu yang diluncurkan ke pasaran pada pertengahan tahun 2015, dan awal tahun 2016. Selain itu sebenarnya masih ada lagi versi Galaxy J5 lainnya, yaitu Galaxy J5 Prime, yang lebih dahulu dirilis pada pertengahan tahun 2016 lalu. Jadi saat kita menyebutkan “Samsung J5,” saja, itu bisa berarti beberapa produk yang berbeda, dan tentunya cukup membingungkan. Buktinya, jika kita mengamati para penjual Galaxy J5 di online marketplace seperti Tokopedia, salah satu pertanyaan yang paling sering mereka dapatkan dari calon pembeli bukan mengenai harga Samsung J5, melainkan mengenai tahun pembuatan dari Galaxy J5 dagangan mereka.

Baca: Harga Samsung J7 Tahun 2017

Jadi sebenarnya, Samsung J5 2017 bukan murni tipe ponsel pintar baru, melainkan hanya versi terbaru dari tipe J5. Dan tentunya, sebagai versi terkini, ponsel pintar yang rencananya dirilis bulan Juni tahun 2017 ini mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan para pendahulunya. Dari segi dimensi, jika dibandingkan dengan versi sebelumnya (2016), versi keluaran 2017 sedikit lebih tipis. Sedangkan untuk ukuran layarnya masih sama, hanya saja proporsi antara panjang dan lebar fisiknya sedikit berbeda. Versi 2017 panjangnya 0.4 mm lebih panjang, dan lebarnya 1 mm lebih sempit. Perbedaan hanya 1 mm dan bahkan kurang dari 1 mm tentu saja tidak terlihat, kecuali jika kita benar-benar mengukurnya dengan alat pengukur yang akurat. Dari segi spesifikasi, ternyata ada banyak hal serupa antara versi 2017 dan 2016. Contohnya, keduanya mempunyai layar dengan resolusi 720×1280 piksel, dan kamera utama 13 MP. Tapi dari segi harga Samsung J5 yang diluncurkan tahun 2017 jauh lebih mahal dari yang sebelumnya. Hanya saja, tampaknya hal ini tidak akan menjadi masalah. Karena, jika dilihat dari yang sudah-sudah, smartphone keluaran Samsung banyak yang dari segi harga relatif mahal, tapi tetap laku keras di pasaran.

galaxy-j5-2017-leaked-1.jpeg

Tampaknya kemampuan untuk mengakomodasi 2 simcard (dual sim) sudah menjadi semacam hal standar untuk smart phone Android. Karena itu, sebagian besar smartphone Android di pasaran mempunyai fitur dual sim, atau tersedia 2 varian, yaitu varian single sim dan varian dual sim. Samsung J5 terbaru juga demikian. Smartphone ini tersedia dalam 2 varian, yaitu yang hanya bisa menggunakan 1 simcard, dan yang dapat mengakomodasi 2 simcard. Tapi sebenarnya, ini bukan hal baru untuk Samsung J5, karena keluaran tahun 2015 dan 2016 juga tersedia dalam 2 versi, yaitu single sim dan double sim atau Duos. Sebenarnya hal semacam ini agak aneh. Kenapa produsen smartphone harus memproduksi 2 versi semacam ini? Karena, sebagian besar orang sebenarnya tidak keberatan untuk mempunyai smartphone dengan kemampuan mengakomodasi 2 kartu sim, walaupun mereka tidak membutuhkannya. Toh slot sim kedua tidak perlu diisi kartu sim kalau memang tidak digunakan. Dan kemampuan dual sim sebenarnya sangat fleksibel. Contohnya, mungkin saja sekarang kita belum membutuhkan. Tapi bisa saja suatu saat nanti kita perlu menambah nomor baru. Jika kita mempunyai ponsel pintar dengan kemampuan dual sim, kita tidak perlu membeli lagi, cukup masukkan saja kartu sim baru ke lubang kartu kedua. Ini tentunya membantu kita untuk berhemat.

Baca: Harga Samsung Galaxy S5 dan Spesifikasinya

Spesifikasi Utama Samsung Galaxy J5

Berbicara mengenai sebuah smartphone, tentunya kurang afdol jika kita tidak membahas soal spesifikasinya. Karena, seperti layaknya produk-produk lainnya dengan kecanggihan teknologi, spesifikasi adalah hal utama dan menjadi penentu daya jual di pasar. Walaupun memang, terkadang segi desain juga ikut menentukannya.

Berikut adalah spesifikasi utama Samsung Galaxy J5 2017:

Spesifikasi Samsung J5 Spek Utama
Sistem Operasi Android 7.1 (Nougat)
Prosesor Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
Memori 16 GB, 2 GB RAM
Display 5.2 inci dengan 720 x 1280 piksel (~282 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct,
hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP,
microUSB 2.0
Kamera Depan 5 MP
Kamera Belakang 13 MP, f/1.9, autofocus, LED flash
Baterai Li-Ion kapasitas 3000 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Single SIM (Nano-SIM) atau
Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

back to menu ↑

Kelebihan Samsung Galaxy J5

Salah satu hal yang merupakan nilai plus dari ponsel Android ini adalah penggunaan sistem operasi Android 7.1 Nougat, yang merupakan versi terbaru Android saat ini. Selain itu, kombinasi antara prosesor Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali-T830MP2, ditambah dengan RAM 2GB juga memberikan performa bagus. Karena spesifikasinya ini, tidak ada salahnya jika para penggemar game Android mempertimbangkan ponsel pintar ini sebagai salah satu alternatif untuk smartphone kelas menengah.

Dengan kamera berkemampuan untuk menghasilkan gambar berkualitas, gadget ini sudah pasti bisa menarik minat para penggemar selfie. Dukungan untuk jaringan 4G LTE pada perangkat ini juga merupakan nilai plus. 4G LTE menawarkan akses data yang jauh lebih cepat serta stabil, dan merupakan sesuatu yang banyak dicari oleh para pengguna ponsel masa kini. Walaupun memang, harus kita akui bahwa sebenarnya masih banyak daerah di mana jaringan 4G LTE belum tersedia.

Kelebihan Samsung J5
1. Mengunakan Android 7.1 Nougat (saat ini merupakan versi terbaru sistem operasi tersebut)
2. Menggunakan prosesor Octa-core
3. Kualitas kamera bagus
4. Spesifikasi cukup memadai untuk para pengguna ponsel yang gemar bermain game Android
5. Sudah support jaringan 4G LTE
back to menu ↑

Kekurangan Samsung Galaxy J5

Memang tidak ada produk yang sempurna. Apalagi jika kita berbicara tentang smartphone, karena biasanya orang menilai sebuah ponsel pintar berdasarkan apa yang mereka butuhkan, dan juga berdasarkan daya beli mereka. Jadi satu produk yang sempurna untuk satu orang, bisa saja merupakan produk jelek untuk orang lain karena pendapat mereka berbeda-beda. Hanya saja, memang ada beberapa hal standar sebagai tolak ukur untuk menilai sebuah produk. Contohnya, jenis baterai. Banyak orang menyayangkan penggunaan baterai non-removable berkapasitas 3000 mAh pada Samsung J5 2017. Penggunaan baterai tanam memang memungkinkan desain menjadi lebih tipis dan juga lebih kokoh. Tapi, ada sisi negatif dari penggunaan baterai tanam, yaitu sulitnya penggantian baterai. Tentu saja baterai tetap bisa diganti, tapi tidak semudah mengganti beterai pada tipe removable. Untuk mengganti baterai tipe non-removable, kita harus ke service center atau setidaknya ke gerai handphone penyedia layanan servis. Pastinya, ada biaya jasa yang harus kita bayarkan, di luar harga baterai baru. Hal semacam ini mau tidak mau pasti mempengaruhi nilai jual kembali sebuah gadget. Biasanya orang lebih memilih produk dengan baterai tipe removable karena lebih fleksibel. Otomatis, harga jual perangkat second dengan baterai tipe tanam cenderung lebih rendah.

Selain masalah kepraktisan, penggunaan baterai non-removable juga mempengaruhi segi penggunaan. Contohnya, jika sebuah ponsel Android hang (tidak merespon), dan baterainya jenis removable, kita bisa dengan mudah melepas baterai, kemudian memasangnya kembali. Ini adalah metode standar, dan biasanya masalah hang akan hilang lalu perangkat bisa digunakan kembali. Nah, tentunya hal semacam ini tidak bisa kita lakukan jika baterainya non-removable. Contoh kasus lainnya, jika terjadi hal-hal tidak diinginkan, misalnya ponsel jatuh ke air atau kehujanan, baterai non-removable atau baterai tertanam akan menyulitkan kita untuk mengeringkannya. Kita tidak bisa langsung melepas baterai, seperti pada ponsel dengan baterai removable.

Kekurangan Samsung J5
1. Baterai non-removable
2. Harga relatif mahal (banyak ponsel pintar lain dengan spesifikasi sebanding tapi harganya lebih murah)
3. RAM hanya 2 GB
4. Memori internal hanya 16 GB
back to menu ↑

Desain Samsung J5 2017

Faktor bentuk atau tampilan fisik merupakan faktor yang tidak kalah penting, apalagi untuk perangkat dengan harga masuk dalam kategori kelas menengah, yaitu di antara 2,5 sampai dengan 4 juta rupiah. Jadi, mari kita bahas beberapa hal mengenai desain J5 2017.

1. Bodi tipis – Karena menggunakan baterai jenis tanam, ponsel pintar ini mempunyai bodi yang tipis. Bodi tipis identik dengan tampilan elegan atau mewah.

2. Tersedia dalam warna beragam – Ponsel Android ini tersedia dalam beberapa pilihan warna menawan, yaitu biru, merah muda, emas, dan hitam. Keberagaman opsi warna membuat produk ini cocok untuk pengguna dengan berbagai karakter. Para penyuka warna low profile bisa memilih warna gelap yaitu hitam, sedangkan para penyuka warna mencolok bisa memilih warna terang yaitu emas, biru, atau merah muda.

3. Tampilan standar Samsung – Tampilan J5 terbaru sangat mirip dengan para pendahulunya. Bahkan, bisa dibilang bentuknya sangat standar ponsel Android Samsung, karena memang kebanyakan sangat mirip.

Baca: Harga Samsung Galaxy S4 dan Spesifikasinya

back to menu ↑

Harga Samsung J5 2017 di Indonesia

Harga adalah hal penting karena menjadi salah satu pertimbangan bagi sebagian besar calon pembeli di tanah air. Menurut kabar yang beredar, harga Samsung J5 2017 di Indonesia sekitar 3 juta rupiah. Tapi, ponsel ini memang belum tersedia baik di toko-toko lokal maupun di berbagai marketplace di internet. Sedangkan di luar negeri, produk ini sudah ditawarkan di beberapa situs, contohnya di Amazon Perancis. Tapi, harganya jauh di atas perkiraan harga di tanah air, yaitu sebesar 279 euro, atau jika dihitung dengan kurs sekarang, sekitar Rp 4,1 juta rupiah.

 Type Hp SamsungPerkiraan Harga Baru
1S8+
11,200.000
2S89,800,000
3S7 Edge7,100,000
4S76,500,000
5S6 Edge+6,800,000
6S6 Edge7,900,000
7S66,700,000
8S55,100,000
9s41,800,000
10S4 Mini1,400,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply