Harga dan Spesifikasi Oppo F1s October 2017

Jika anda ingin memiliki sebuah smartphone yang diproduksi oleh Oppo, anda mempunyai beberapa pilihan. Anda tinggal menyesuaikan saja antara keinginan dengan budget anda. Jika budget anda sekitar 4 juta rupiah, mungkin Oppo F1s dapat menjadi pilihan yang tepat. Saat ini, harga Oppo F1s sekitar 3,6 juta rupiah. Ini harga untuk varian F1s dengan memori internal sebesar 64 GB dan RAM sebesar 4 GB. Jika anda ingin varian lebih murah, anda bisa memilih F1s yang memori internalnya 32 GB, dan RAM nya 3 GB. Tapi sebelum anda membeli ponsel Android ini, tentunya anda harus melihat dengan lebih teliti, apa saja yang dimilikinya. Berikut adalah spesifikasi utama Oppo F1s.

Spesifikasi Utama

Spesifikasi Oppo F1s Spektifikasi Utama
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop,
dapat diupgrade ke 6.0 Marshmallow
Prosesor Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
Memori 32 GB, 3 RAM atau 64 GB, 4 GB RAM
Display Layar sentuh ukuran 5.5 inci, tipe IPS LCD,
resolusi 720 x 1280 piksel (~267 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, microUSB 2.0, USB Host
Kamera Depan 16 MP, f/2.0, 1/3.1" sensor size, 1080p
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Po 3075 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Desain

Dari segi desain, Oppo F1s terlihat relatif sederhana, terutama jika dilihat dari depan. Tapi jika dilihat dari samping, atau dari belakang, akan terlihat kemewahan desainnya. Siapapun yang melihat smartphone Android tersebut dari samping atau dari belakang pasti akan bisa langsung menebak bahwa ini bukanlah gadget murahan. Terlihat jelas bahwa bodi F1s terbuat dari bahan logam berkualitas, serta dibalut dengan warna elegan, seperti emas, abu-abu, serta rose gold atau merah muda keemasan. Dimensi bodi tipisnya juga menunjukkan bahwa handphone tersebut bukan dari kelas sembarangan. Tebal bodi ponsel pintar ini hanya 7.4 mm, membuatnya praktis untuk dibawa tapi tetap mantap dalam genggaman tangan.

back to menu ↑

Kelebihan

Jika dilihat dari prosesornya, sebenarnya tidak ada yang spesial karena ada banyak smartphone di pasaran yang juga menggunakan prosesor octa-core. Tapi jika kita lihat memori internal dan RAM nya, kita dapat dengan mudah menebak performa seperti apa yang ditawarkan oleh smartphone Android tersebut. Tersedia dua varian dengan perberbedaan dalam segi kapasitas penyimpanan internal, yaitu 32 atau 64 GB, serta RAM 3 atau 4 GB. Jadi, hand phone Android ini sudah pasti bisa menjalankan semua aplikasi dengan lancar, sehingga tentunya membantu pemiliknya tetap produktif di manapun dia berada.

Layar berukuran 5.5 inci tergolong besar, tapi tidak terlalu besar. Jadi ponsel Android ini bisa menarik calon pembeli baik yang menyukai layar berukuran besar, maupun yang tidak. Untuk melindungi layar ini dari goresan serta benturan, ada Corning Gorilla Glass 4.

Bagi para pengguna ponsel Android yang hobi selfie, Oppo F1s pasti sangat menggoda. Dan sebenarnya, kamera pada ponsel ini tergolong unik. Biasanya sebuah smartphone mempunyai dua kamera depan dan belakang, dan kamera belakangnya mempunyai resolusi lebih bagus dibandingkan kamera depan. Ada juga beberapa dengan resolusi kamera depan dan belakang sama. Tapi pada ponsel Android ini justru terbalik. Karena, kamera depan, atau kamera untuk selfie, justru resolusinya lebih tinggi dibandingkan kamera belakangnya. Jadi, tampaknya memang Oppo berniat untuk menarget orang-orang yang sangat suka selfie dengan ponsel pintar ini. Hal tersebut juga terlihat dari julukan yang diberikan oleh Oppo untuk F1s, yaitu “Selfie Expert.”

Oppo F1s 2

Sebenarnya ukuran megapiksel besar tidak selalu menjamin kualitas foto menjadi bagus. Tapi, kamera selfie pada Oppo F1s memang didesain untuk menghasilkan selfie yang bagus, dan diberi berbagai fitur pendukung. Contohnya, kamera selfie tersebut mempunyai sensor berukuran 1/3.1 inci dan aperture F/2.0. Dua hal tadi membuatnya mampu menangkap lebih banyak cahaya, dan membuatnya lebih sensitif. Sehingga, para pengguna ponsel mid-end ini dapat berfoto dalam kondisi kurang pencahayaan, tapi tetap mendapatkan hasil foto memuaskan. Tapi itu belum semuanya. Smartphone ini juga mempunyai Beautify 4.0. Fitur tersebut membantu penggunanya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bagus dengan mengurangi noda pada kulit, serta berbagai fungsi lainnya. Tapi tentu saja, hasilnya tetap terlihat natural tanpa editan. Bagi para penyuka foto artistik, tersedia beragam filter untuk membuat hasil jepretan terlihat lebih artistik, seperti filter Bright, Shine, Candy, Mono, Soft, dan Cafe. Jadi para pengguna F1s tidak perlu mengunduh aplikasi Android tambahan untuk membuat foto-foto mereka lebih cantik, karena semuanya sudah tersedia dan merupakan fitur bawaan.

Satu masalah yang sering dialami oleh para penggemar selfie adalah sulitnya melakukan selfie beramai-ramai. Biasanya kesulitan ini diatasi dengan menggunakan tongsis, tapi tetap saja hasilnya tidak maksimal karena posisi kamera menjadi jauh dari objeknya. Kesulitan semacam ini tidak akan dialami oleh para pemilik Oppo F1s. Karena, smartphone mid-end ini dilengkapi dengan fitur Selfie Panorama. Jadi, saat ingin berfoto dengan sudut atau cakupan lebar, kita tinggal menggeser ponsel ini dari satu sisi ke sisi lainnya, dan semuanya akan secara otomatis digabungkan menjadi satu foto berukuran lebar. Jadi, semua orang yang ikut berfoto pasti akan bisa masuk ke dalamnya hanya dengan satu jepretan saja.

Kemampuan menggunakan dua kartu sim dan aktif dalam waktu bersamaan memang bukan hal baru. Selain itu, adanya dedicated slot untuk microSD juga bukan hal luar biasa. Tapi, mengingat bahwa ada banyak ponsel kelas mid-end dan bahkan high-end masa kini yang hanya mempunyai slot microSD hybrid (menggunakan slot kartu sim kedua), maka keberadaan dedicated slot untuk microSD pada F1s perlu kita catat sebagai nilai plus. Hal tersebut membuat penggunanya lebih leluasa untuk menyalakan 2 nomor sekaligus, sambil menikmati kapasitas penyimpanan eksternal besar, sampai dengan 256 GB.

Oppo F1s 3

Untuk memastikan bahwa semua data dalam F1s hanya bisa diakses oleh pemiliknya, tersedia fitur fingerprint sensor. Sensor sidik jari tersebut tidak hanya akurat, tapi juga sangat sensitif dan bekerja dengan sangat cepat. Selain itu, sidik jari pemilik F1s juga bisa digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi tertentu, sesuai dengan keinginan penggunanya. Contohnya, kita bisa menjalankan kamera dengan menyentuhkan ibu jari, atau jari manis kita pada sensor, sesuai dengan setelan yang bisa kita atur sendiri. Jadi kita bisa menentukan, jari mana membuka aplikasi apa. Fitur ini sangat bermanfaat, karena membantu penggunanya untuk membuka aplikasi-aplikasi favoritnya dengan sangat cepat.

back to menu ↑

Kekurangan

Untuk ukuran smartphone mid-end, tidak terlalu mudah untuk menemukan apa saja kekurangan Oppo F1s. Karena, jika kita menimbang antara harga Oppo F1s yang relatif terjangkau, dan segala fitur serta kemampuannya, bisa dibilang kualitas ponsel tersebut benar-benar bagus. Hanya saja, jika kita lihat dari beberapa ulasan para pemilik F1s, cukup sering kita temui keluhan mengenai ketidakmampuan ponsel ini untuk menjalankan game Android high-end karena terlalu berat. Tapi jika kita cermati, sebenarnya keluhan tadi timbul karena kesalahan penggunanya sendiri. Jika memang ingin bermain game high-end dengan lancar, seharusnya membeli smartphone yang juga high-end, bukan kelas mid-end seperti smartphone ini. Jadi itu hanya masalah ekspektasi yang berlebihan saja, dan bukan masalah gadgetnya.

 Type Hp OppoPerkiraan Harga Baru
1F3 plus6,000,000
2F33,700,000
3F1s Plus5,400,000
4F1s Plus3,400,000
5F1s Plus RAM 4GB3,400,000
6F1s3,300,000
7F12,000,000
8A592,600,000
9A392,500,000
10A371,800,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply