Harga Oppo F1 dan Spesifikasinya Desember 2017

Jika dibandingkan dengan beberapa produsen smartphone lainnya, Oppo memang masih relatif baru. Perusahaan ini baru mulai memasarkan produknya di Indonesia pada awal tahun 2013. Tapi, sekarang, setelah sekitar 4 tahun, ada cukup banyak tipe smartphone dari Oppo yang sangat banyak peminatnya dan bahkan menjadi favorit. Salah satunya adalah Oppo F1. Ponsel dari Oppo ini masuk dalam kategori mid-end, yaitu kategori dengan harga masih di bawah 4 juta rupiah. Jika kita melihat dari bentuk bodinya, tidak heran jika banyak orang yang menyukai ponsel berbasis Android ini. Desain bodinya tergolong sederhana, tapi cantik dan terbuat dari materi berkualitas. Dan jika kita teliti spesifikasinya, ponsel Android ini memang pantas untuk berada di kelas mid-end, karena menggunakan berbagai komponen berkualitas baik, sehingga mampu menyajikan performa yang baik juga.

Desain

Jika kita melihat ponsel Android ini dari depan, secara umum desainnya sangat sederhana, dan bahkan bisa dibilang tidak menarik. Bahkan, tidak sedikit yang mengatakan bahwa dari depan Oppo F1 mirip dengan smartphone Android murahan buatan perusahaan-perusahaan kecil. Tapi jika dilihat dari sisi samping atau dari belakang, smartphone ini justru terlihat lebih menarik, karena terlihat detil dan kesan mewahnya. Jika dilihat dari belakang, terlihat bahwa bodinya terbuat dari semacam campuran logam atau metal, dan ditambah dengan aksen berkilau yang cantik menawan. Untuk warna memang F1 pilihan warnanya tidak banyak, hanya gold (emas) dan rose gold (merah muda keemasan) saja. Dengan pilihan warna sangat terbatas, segmen pasar yang mampu dipikat tentunya juga terbatas. Idealnya sebuah ponsel pintar tersedia dalam setidaknya empat pilihan warna, dan diantaranya terdapat warna netral seperti hitam atau putih.

back to menu ↑

Spesifikasi Umum

Spesifikasi Oppo F1 Spektifikasi Utama
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Prosesor Octa-core 4 x (1.7 GHz Cortex-A53) dan 4 x (1.0 GHz Cortex-A53)
Memori 16 GB, 3 GB RAM
Display Layar sentuh kapasitif berukuran 5.0 inci tipe IPS LCD, 16 juta warna
Konektivitas Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, USB Host
Kamera Depan 8 MP
Kamera Belakang 13 MP dengan fitur phase detection, autofocus, LED flash
Baterai Baterai tanam Li-Po berkapasitas 2500 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Kelebihan

Kombinasi prosesor Octa-core dan memori sebesar 3 GB pada Oppo F1 merupakan kombinasi yang pas. Dengan kombinasi tersebut, ponsel dari Oppo ini sudah pasti mampu menjalankan semua jenis aplikasi, termasuk game dengan grafis detil sekalipun karena dilengkapi dengan GPU Adreno 405. Layar smart phone ini berukuran 5.0 inci, yang tergolong lebar, tapi merupakan ukuran favorit para pengguna smartphone saat ini, karena sangat pas. Layar berukuran 5.0 inci tidak terlalu merepotkan untuk dibawa di dalam saku, tapi cukup besar untuk menampilkan gambar dengan jelas, dan tentunya tidak cepat membuat mata lelah. Apalagi, ponsel Android ini menggunakan layar IPS LCD berkualitas tinggi.

oppo f1 2

Jika dilihat dari kamera depan dan belakang pada Oppo F1, sudah pasti gadget ini menjadi favorit pengguna smartphone berjiwa muda, karena keduanya berkualitas tinggi serta dapat diandalkan untuk menghasilkan jepretan memuaskan. Kamera utamanya mempunyai resolusi 13 MP, dan kamera depannya beresolusi 8 MP. Memang besarnya megapixel dari sebuah kamera tidak selalu menentukan kualitas gambar yang bisa dihasilkan. Tapi untuk kedua kamera pada Oppo F1 ini memang terbukti bagus. Bahkan saat digunakan dalam kondisi yang kurang pencahayaan pun hasilnya tetap bagus. Jadi tidak heran jika ponsel Android ini menjadi salah satu favorit di kalangan penggemar selfie, yang sebagian besar terdiri dari generasi muda. Kamera selfie atau kamera depan ponsel ini memang tidak dilengkapi dengan lampu flash. Tapi ada fitur unik, yaitu Screen Flash, yang sesuai dengan namanya, menggunakan layar sebagai lampu flash.

Oppo F1 dilengkapi dengan dukungan untuk jaringan 4G LTE. Walaupun sebenarnya tidak semua pengguna smartphone mempertimbangkannya, hal tersebut tentu saja menjadi sebuah nilai plus.
Baterai pada F1 berkapasitas 2500 mAh. Kapasitas tersebut memang tidak terlalu besar, tapi tentunya sudah pas untuk perangkat ini. Buktinya, jika kita membaca ulasan dari para penggunanya, hanya sedikit yang mengeluhkan soal daya tahan baterai. Untuk segi daya tahan fisik, Oppo F1 cukup baik. Perlindungan dari Corning Gorilla Glass 4 sudah pasti membuat smartphone ini lebih awet.

back to menu ↑

Kekurangan

Jika kita mempertimbangkan harga Oppo F1, sebenarnya memori internal 16 GB dan RAM 3 GB itu terlalu kecil. Ada beberapa tipe smartphone lainnya, seperti dari Asus ataupun pabrikan lainnya, yang juga mempunyai spesifikasi semacam itu tapi harga mereka jauh lebih murah. Jadi bagi para calon pembeli yang mempertimbangkan ukuran memori internal serta besarnya RAM, Oppo F1 mungkin menduduki ranking tidak terlalu bagus. Kemungkinan besar mereka akan lebih memilih tipe dari pabrikan lain yang harganya jauh di bawah F1.

oppo f1 3

Oppo F1 mempunyai kemampuan dual sim yang memungkinkan penggunanya untuk memakai 2 kartu sim sekaligus. Tapi ada satu kekurangan dari fitur tersebut. Jika pengguna Oppo F1 ingin menambah kapasitas penyimpanan menggunakan microSD, mereka harus menggunakan slot untuk kartu sim kedua. Jadi otomatis jika mereka menggunakan kartu memori microSD, mereka tidak bisa menggunakan fitur dual sim. Dan sebaliknya. Jika mereka menggunakan fitur dual sim, mereka tidak bisa menggunakan kartu memori microSD. Ini kekurangan yang bisa jadi cukup fatal, karena ada banyak tipe smartphone dengan harga jauh lebih murah, tapi justru sudah mempunyai dedicated slot untuk kartu memori microSD. Selain itu, perlu diingat bahwa kemampuan untuk menambah kapasitas memori dengan microSD dan kemampuan untuk menggunakan dua kartu sim sama pentingnya.

Untuk ukuran smartphone kelas mid-end, tampilan depan Oppo F1 terlihat terlalu sederhana. Ponsel tersebut justru terlihat lebih mewah jika dilihat dari belakang. Padahal, bagian belakang biasanya menjadi bagian yang jarang terlihat, atau mungkin bahkan tidak terlihat jika pemiliknya menggunakan soft case atau hard case. Jadi, kemungkinan besar kemewahan desain bagian belakangnya adalah hal sia-sia.

back to menu ↑

Harga Oppo F1 Resmi di Indonesia

Memang ada banyak penjual yang menawarkan smartphone Oppo F1 baik secara online maupun secara offline. Harga penawaran mereka cukup beragam. Harga Oppo F1 resmi saat ini sebesar 3,2 juta rupiah. Ini adalah harga di situs resmi Oppo Indonesia, jadi tentunya merupakan harga untuk unit baru dan bergaransi. Sedangkan untuk harga F1 second atau bekas, saat ini berkisar antara 2 sampai dengan 2,5 juta rupiah tergantung kondisi dan sisa waktu garansi. Ada juga beberapa penjual yang menawarkan unit bekas dengan harga sampai dengan 3 juta rupiah, tapi itu adalah harga kurang realistis, mengingat harga barunya saja 3,2 juta rupiah.

Untuk pembelian unit baru, sebenarnya pembelian secara online relatif aman, asalkan dibeli dari penjual dengan reputasi bagus, dan dikirim dengan jasa pengiriman berasuransi. Sedangkan untuk pembelian unit second, pembelian secara online lebih beresiko. Karena, ada begitu banyak hal yang harus diteliti pada hp second. Kita juga harus mencoba atau melakukan tes untuk memastikan bahwa unit tersebut normal. Dan tentunya, semua itu tidak bisa kita lakukan saat melakukan pembelian secara online.

 Type Hp OppoPerkiraan Harga Baru
1F3 plus6,000,000
2F33,700,000
3F1s Plus5,400,000
4F1s Plus3,400,000
5F1s Plus RAM 4GB3,400,000
6F1s3,300,000
7F12,000,000
8A592,600,000
9A392,500,000
10A371,800,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply