Langkah Tepat Melakukan Cara Mengaktifkan USB Debugging Android Yang Bootlop

Tidak hanya orang yang sudah profesional saja untuk melakukan tweaking pada system android namun orang awam sekalipun juga bisa. Dalam artikel kami dibawah ini akan memberikan beberapa langkah mudah sebagai cara mengaktifkan USB Debugging Android yang bootloop baik bagi professional maupun awam. Fungsi utama pada pengaktifan tersebut yaitu sebagai jembatan antara perangkat PC dan smartphone yang menggunakan Android SDK/ Software Development Kit.


Baca juga : Cara Root Asus Zenfone 4 Dalam Beberapa Langkah

Mengatasi Android Bootloop Dengan Mengaktifkan Pengaturan

Tahukah anda bahwa pengaturan yang digunakan untuk meningkatkan Developer atau administrator sangatlah penting untuk diketahui. Jika pengaturan tersebut diaktifkan maka akses yang semula dibatasi untuk menjaga keamanan android akan terbuka. Pengaktifannya sangat berguna ketika anda ingin melakukan proses rooting. Selain itu, fungsi lainnya adalah saat melakukan download pada aplikasi maka tidak akan muncul notifikasi, dapat membaca log file dari system android dan tidak muncul peringatan lain ketika disambungkan pada PC.

Cara Pertama

index



Baca juga : Cara Flash Oppo Neo 3 Untuk Mengatasi Berbagai Masalah

Ketika smartphone anda masih dalam keadaan aktif setelah mengalami bootloop yang terlalu sering, cobalah untuk menon-aktifkannya selama beberapa saat kemudian yang perlu anda lakukan yaitu segera melakukan cara mengaktifkan USB Debugging Android yang bootloop seperti dibawah ini. Langkah-langkah berikut sangatlah mudah jika ponsel dalam keadaan masih bisa digunakan tanpa menggunakan PC atau penghubung apapun.

a. Langkah awal, aktifkan developer option terlebih dahulu.

b. Selanjutnya masuk pada menu “Settings” lalu “Developer Option/Opsi Pengembang”.

c. Kemudian checklist pada pilihan “USB Debugging”.

d. Jika muncul notifikasi pop up maka pilih “Ok”.

back to menu ↑

Cara Kedua

usb debugging
Baca juga : Cara Root Zenfone 2 Paling Mudah Dan Sederhana

Meskipun smartphone mengalami bootloop, anda dapat mengaktifkan beberapa pengaturan penting yang mana akan kami bahas cara pengaktifannya tanpa biaya mahal dan tidak memakan banyak waktu. Tidak semua smartphone dapat dengan mudah melakukan cara pertama karena setiap android memiliki versi yang berbeda-beda. Untuk itu kami memberikan tatacara lainnya supaya dapat dicoba di ponsel pintar sesuai versinya.

a. Versi 2.3x Gingerbread
– Masuklah pada menu “Settings” > “Applications” > “Development” > “USB Debugging”.
– Hubungkan PC ke android menggunakan kabel data, lihat pada perangkat muncul bilah status lalu tarik kebawah dan pilih “USB Connected”.
– Setelah memilih “Ok”, layar akan menampilkan ikon Android yang akan berwarna hijau kemudian menjadi orange, itu menunjukkan bahwa perangkat dalam mode penyimpanan massal USB.

b. Versi 4.0 – 4.1 Jelly Bean
– Buka menu “Pengaturan” lalu pilih “Lainnya”.
– Selanjutnya, ketuk “USB Utilities” lalu tap “Connect Storage to PC”.
– Kemudian sambungkan Android ke PC menggunakan kabel data, pada smartphone akan muncul ikon Android berwarna hijau dan pilih “USB Connected” lalu tekan “Ok”.

c. Versi 4.2
– Pertama bukalah “Pengaturan” lalu menuju ke “Tentang Telepon”.
– Setelah itu, scroll kebawah hingga “Build Number” kemudian ketuk sebanyak 7 kali.
– Selanjutnya, “Developer Options” akan menampilkan opsi “USB Debugging”.
– Pasangkan kabel data untuk menyambungkan PC dengan Android.
– Masuk pada perangkat ponsel, perangkatnya harus tampil pada PC sebagai disk driver USB di area Device with Removable Storage lalu perangkat anda akan diberikan huruf drive.

Meskipun cara mengaktifkan USB Debugging Android yang bootloop cukuplah mudah terutama cara pertama yang mana tanpa menggunakan PC, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaannya haruslah bijak. Hal tersebut dikarenakan keamanan pada system ponsel pintar tersebut sangatlah beresiko. Berbagai aplikasi yang masuk tanpa filter bisa mengakibatkan virus mudah sekali masuk sehingga jangan selalu mengaktifkan USB Dbugging anda.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply