Harga iPhone SE dan Spesifikasinya November 2017

Bagi para pengguna smartphone yang ingin memiliki gadget premium berkualitas, mungkin iPhone SE dapat menjadi pilihan tepat. Ponsel pintar dari Apple ini dirilis pada awal tahun 2016, jadi termasuk produk baru dan belum terlalu lama beredar di pasaran. Dari segi harga, jika dibandingkan dengan seri 7, seri ini lebih murah. Padahal, kedua seri tersebut diluncurkan pada tahun yang sama. Saat ini, harga iPhone SE di Indonesia sekitar 4,6 juta rupiah, untuk varian bermemori internal 16 GB, disertai dengan garansi resmi dari Apple. Sedangkan varian-varian bermemori internal lebih besar, harganya tentunya lebih mahal. Contohnya, untuk varian dengan memori internal 32 GB, harganya mencapai 6 juta rupiah. Selisih antara kedua varian tadi menunjukkan bahwa pengguna iPhone benar-benar harus rela mengeluarkan uang ekstra hanya untuk mendapatkan memori lebih besar. Karena untuk mendapatkan 16 GB lebih besar saja, harganya selisihnya mencapai 1,4 juta rupiah, atau seharga ponsel kelas low-end.

Tentunya para penggemar iPhone rela mengeluarkan banyak uang bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya karena memang seri ini menawarkan banyak kelebihan. Mari kita lihat spesifikasi utama ponsel pintar tersebut untuk mengetahui apa saja keistimewaannya.

Baca: Harga iPhone 5 dan Spesifikasinya 2017

Spesifikasi Utama

Spesifikasi iPhone SE Spektifikasi Utama
Sistem Operasi iOS 9.3.2, dapat ditingkatkan ke iOS 10.3.2
Prosesor Dual-core 1.84 GHz Twister
Memori 16/32/64/128 GB, 2 GB RAM
Display LED-backlit IPS LCD, layar sentuh kapasitif, 16 juta warna, ukuran 4.0 inci, resolusi 640 x 1136 piksel (~326 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, Bluetooth, USB 2.0, reversible connector
Kamera Depan 1.2 MP, f/2.4, 31mm, 720p@30fps, face detection, HDR, FaceTime
Kamera Belakang 12 MP, f/2.2, 29mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Baterai Tipe tanam jenis Li-Po kapasitas 1624 mAh
Jaringan GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIM Nano-SIM
back to menu ↑

Desain

Para penggemar iPhone sejati pasti langsung bisa mengenali bahwa seri ini sangat mirip dengan seri 5s. Memang, Apple menggunakan desain seri 5s untuk seri SE. Bahkan, seri tersebut juga memiliki display Retina dan sensor Touch ID milik seri 5s. Tapi selain semua kesamaan tadi, ada banyak perbedaan dalam seri tersebut. Contohnya, kameranya lebih bagus, dan menggunakan kombinasi lebih bagus dalam hal CPU serta RAM.

back to menu ↑

Kelebihan

Dengan seri SE, Apple tampaknya ingin memanjakan para penggemar yang menyukai ponsel berdimensi kecil. Layar smartphone tersebut ukurannya 4.0 inci, sehingga ringan dan praktis untuk dibawa kemana saja. Tapi ukuran yang kecil bukan berarti bahwa ponsel tersebut minim fitur. Contohnya, kamera utamanya, merupakan kamera 12 MP dengan kemampuan bagus untuk menghasilkan foto dan video berkualitas. Kamera tadi juga dilengkapi berbagai fitur untuk membantu penggunanya mendapatkan hasil jepretan maksimal.

Jika dibandingkan smartphone Android, mungkin bagi orang awam tipe SE terlihat konyol karena hanya menggunakan prosesor dual-core, sedangkan sekarang sebagian besar pesaingnya sudah menggunakan prosesor octa-core. Tapi sebenarnya, ponsel tersebut tergolong ponsel berperforma sangat bagus, bahkan lebih cepat dibandingkan iPhone 6.
Untuk baterainya, iPhone SE menggunakan baterai tanam Li-Po berkapasitas 1624 mAh. Walaupun kapasitas tersebut tidak besar, baterai tadi mampu memberikan waktu penggunaan cukup lama, karena memang iPhone merupakan ponsel efisien dalam penggunaan tenaga baterai.

Baca: Harga iPhone 6s dan Spesifikasinya 2017

back to menu ↑

Kekurangan

Memang tidak ada produk yang sempurna, bahkan produk sekelas iPhone SE sekalipun. Pada produk iPhone SE ada beberapa kekurangan, baik kekurangan sepele, maupun yang cukup menurunkan daya jual ponsel pintar tersebut.

Kamera pada tipe SE memang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas cukup baik. Tapi, kamera tersebut tidak dilengkapi fitur penstabil gambar optik. Jadi, mengambil video menggunakan kamera ponsel seri SE tidak terlalu mudah, karena getaran tangan akan sangat mempengaruhi hasilnya. Ini juga berpengaruh saat mengambil foto. Tangan tidak stabil cenderung menghasilkan gambar kabur atau kurang jelas. Ini sangat disayangkan, mengingat bahwa ponsel tersebut bukanlah ponsel berharga murah. Dan beberapa dari para pesaingnya yang harganya masih dalam kisaran yang sama, sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Padahal, sebenarnya ponsel ini juga sudah dilengkapi sensor gyroscope, yang merupakan salah satu fasilitas untuk menunjang penstabil gambar optik.

Pada tipe SE tidak tersedia fitur 3D Touch. Ini adalah fitur kesensitifan layar yang sangat bermanfaat, yang tersedia pada iPhone 6s dan seri-seri lebih baru. Jadi dengan fitur ini, pengguna iPhone dapat menjalankan fungsi berbeda-beda, hanya dengan mengetuk layar dengan kekuatan berbeda. Jadi pada dasarnya fitur ini merupakan sensor pendeteksi seberapa keras penggunanya mengetuk layar, dan menjalankan berbagai fungsi yang berbeda berdasarkan kekuatan dari ketukan tersebut.

Sebagian besar gadget berharga mahal di pasaran sudah didesain untuk tahan air. Tapi, walaupun harganya mahal, tipe SE bukan gadget yang 100% waterproof. Memang, di bagian dalam ponsel ini ada fasilitas untuk memberikan perlindungan dari air dan debu supaya tidak merusak komponen-komponen vital. Tapi bagaimanapun juga, perlindungan tersebut tidak menyeluruh, seperti pada ponsel-ponsel waterproof pada umumnya. Jadi, para pengguna iPhone SE harus berhati-hati karena gadget mereka ini dapat rusak karena air.

iphone SE 2

Sebagai smartphone keluaran tahun 2016, kamera selfie dengan resolusi 1.2 MP sangat jauh di bawah standar. Memang, harus kita akui bahwa selama ini Apple tidak selalu mengikuti apa saja yang menjadi standar di pasar smartphone. Tapi, dengan resolusi hanya 1.2 MP, bahkan kamera ponsel mid-end atau low-end saja mampu menghasilkan gambar lebih bagus. Karena itu, memang seri iPhone yang satu ini tidak terlalu populer di kalangan penggemar selfie. Karena, jika mereka ingin mendapatkan hasil jepretan memuaskan, mereka harus menggunakan kamera utama yang letaknya ada di belakang, dan itu sudah pasti cukup merepotkan, serta merupakan hal ketinggalan zaman.

Seperti pada iPhone seri-seri lainnya, pada tipe SE tidak ada slot microSD. Dan tampaknya, ke depannya memang Apple tidak ada rencana untuk menambahkan fitur ini ke produk buatan mereka, karena itu adalah salah satu cara mereka untuk bisa menjual varian dengan memori besar dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Jadi kesimpulannya, secara umum tampaknya seri ini disediakan bagi orang-orang yang sangat menyukai desain iPhone 5s, tapi ingin memiliki gadget dengan kemampuan yang sedikit lebih bagus dibandingkan seri 5s. Selain itu, ponsel ini juga sangat cocok bagi orang-orang yang ingin mempunyai iPhone dengan ukuran kompak, tapi bukan keluaran lama seperti seri 4 atau seri 5. Harga iPhone SE di pasar Indonesia hingga saat ini masih relatif tinggi, terutama untuk unit-unit bergaransi resmi Apple. Bagi para pembeli yang ingin memiliki seri SE tapi budget terbatas, unit-unit dengan garansi distributor, atau unit-unit bekas tapi masih bergaransi resmi, mungkin dapat menjadi opsi menarik.

Baca: Harga iPhone 7 dan Spesifikasinya 2017

 Type Hp IphonePerkiraan Harga baru
17 Plus13,900,000
2711,900,000
36s plus13,700,000
46s9,800,000
56 Plus7,300,000
665,900,000
75s3,500,000
851,600,000
9410,000,000
10SE12,500,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply