Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop

Cara mengatasi HP Samsung bootloop merupakan sesuatu yang harus diketahui oleh setiap pengguna ponsel pintar. Umumnya bootloop yang dialami oleh suatu smartphone terjadi setelah Anda melakukan upgrade atau menginstal custom secara manual. Ponsel yang mengalami bootloop akan terus melakukan reboot tanpa menampilkan tampilan seperti seharusnya. Masalah bootloop tidak dirasakan oleh smartphone Samsung saja tapi hampir semuanya seperti, Advan, Asus, Oppo, Lenovo, dan lainnya.

Kenapa bootloop bisa terjadi dan tidak menampilkan sistem secara benar ? bila diteliti lagi, hal tersebut bisa saja disebabkan karena banyak sekali faktor, misal file dari aplikasi korup, custom ROM terdapat file rusak, terkena virus malware, memasakan memasang aplikasi padahal tidak didukung oleh smartphone. Android yang terkena bootloop membuat aktivitas multitasking menjadi tak bisa dilakukan. Untuk mengatasi hal ini, simaklah beberapa cara mengatasi ponsel samsung yang bootloop.


Baca juga : Cara Mengatasi HP OPPO Neo 3 Bootloop Tanpa PC

Berikut Beberapa Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop

Hapus Cache Sistem

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop 2
Baca juga : Cara Root HP Android Semua Tipe Tanpa Proses Panjang



Metode sederhana dan paling mudah adalah dengan membersihkan file cache pada memori dan sistem. Agar dapat melakukannya, Anda harus bisa memasuki menu Recovery Mode. Menu Recovery Mode di tiap tiap smartphone pasti berbeda, masuknya pun berbeda beda. Jadi untuk bisa masuk menu sesuaikanlah tipe perangkat Anda. Contohnya :

a. Tekan tombol volume down dan power selama beberapa saat secara bersama hingga muncul logo merk. Lepas kedua tombol tadi, kemudian Anda akan dibawa dalam opsi menu recovery mode.

b. Klik menu advanced, lalu lanjutkan dengan memilih wipe dalvik cache.

c. Lanjutkan dengan klik menu mounts & storage, lalu pilih wipe/cache, selesai

back to menu ↑

Wipe Cache Partition

Cara Mengatasi HP Samsung Bootloop
Baca juga : Cara Root Andromax C3 Dengan Langkah Mudah

Cara mengatasi ponsel Samsung bootloop kedua dengan melakukan wipe cache partition. Kerjanya dengan membersihkan file di partisi memori. Caranya mirip dengan yang pertama, yaitu melalui menu mode recovery. Biasanya hal ini untuk mengatasi bootloop tipe sedang, berikut caranya:

a. Tekanlah secara bersamaan tombol power + volume down beberapa lama sampai muncul logo merk ponsel. Lepaskanlah kedua tombolnya, lalu Anda akan di ajak pada opsi menu mode recovery.

b. Pilihlah dan klik menu wipe cache partition, muncul pesan konfirmasi, pilih yes. Selesai.

back to menu ↑

Factory Reset / Wipe Data

Metode ketiga bisa dicoba dengan melakukan factory reset/ wipe data (hard reset). Metodi ini digunakan bila terjadi bootlop tipe berat atau hard bootloop. Dan untuk melakukan hard reset serta back up, lihat langkah langkahnya berikut

a. Menekan tombol power + volume down bersama sama selama beberapa detik sampai logo merk muncul. Tombol volume down dan power dilepaskan. Anda akan dibawa pada pilihan opsi menu recovery mode.

b. Klik menu backup & restore, kemudia pilih backup.

c. Berikutnya pilihlah menu wipedata/ factory reset. Apabila pesan terkonfirmasi, pilih yes, selesai.

back to menu ↑

Flashing / install firmware

Untuk cara yang terakhir. Bisa melakukannya dengan flashing atau install ROM. Sebelum melakukannya pastikan bahwa telah mengunduh firmware sebelumnya yang sesuai dengan tipe perangkat android. Anda bisa mencari aplikasi tersebut hanya dengan mengetikan kata kunci firmware yang telah disesuaikan dengan tipe smartphone. Proses dan langkah flashing pun berbeda tergantung merk, ada yang bisa langsung dari memori ekternal, flashing tool, PC, Via Odin, dan sebagainya.

Terdapat 3 tipe bootloop yaitu Andorid light bootloop, android medium bootloop, dan android hard bootloop. Informasi diatas semuanya merupakan cara mengatasi HP Samsung bootloop. Semoga penjelasan tersebut dapat dijadikan tambahan wawasan bagi semua. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply