Cara Mengatasi HP OPPO Neo 3 Bootloop Tanpa PC

Cara mengatasi hp Oppo Neo 3 boootloop biasanya dilakukan pada software smartphone ketika gagal untuk masuk dalam sistem. Atau karena hal lain seperti, memory internal yang kepenuhan, RAM smartphone sudah habis ataupun gagal ganti custom ROM. Namun biasanya masalah yang terjadi di hp Oppo karena memory internal penuh dan gagal ganti custom ROM. Perlu diketahui bahwa bila Anda mengunduh file, dan aplikasi.

Memory internal secara otomatis akan menyimpan downloadan tersebut, maka perlu untuk memindahkan file dengan manual. Para pengguna Oppo banyak yang tidak mengetahui hal ini akhirnya memori bawaan jadi penuh dan berakibat bootloop. Cara umum dilakukan orang untuk mengatasi bootloop adalah dengan PC, tapi Oppo telah mempunyai aplikasi Firmware untuk mengatasinya jadi tak memerluka PC lagi. Inilah penjelasannya.


Baca juga : Cara Root HP Android Semua Tipe Tanpa Proses Panjang

Berikut Cara Mengatasi HP Oppo Neo 3 Bootloop Tanpa PC

Download Firmware Oppo

Download Firmware Oppo
Baca juga : Cara Root Andromax C3 Dengan Langkah Mudah



Pertama yang harus dilakukan yaitu mengunduh aplikasi dari halaman resmi dukungan ponsel Oppo untuk para penggunanya.

back to menu ↑

Masukkan Firmware Oppo ke dalam SD Card

Anda perlu memasukkan Firmware ke SD Card yang tidak di folder. Pastikan bahwa SD Card tersebut dipasang secara benar.

back to menu ↑

Proses Flashing

a. Matikan ponsel Anda, dalam keadaan bootloop, copot baterai untuk mematikan.

b. Tekan tombol volume down dan power secara bersamaan sampai nantinya muncul logo opp serta tulisan recovery mode pada bagian pojok kiri bawah, lepaskan tombol yang ditekan tadi.

c. Pilihlah bahasa yang diinginkan. Recovery pada Oppo telah di dukung operasi touchscreen, jika layar tidak berfungsi ketika disentuh, alternative lainnya bisa menggunakan tombol volume down/up untuk navigasi. Tombol untuk konfirmasinya yaitu tombol daya/power.

d. Lakukan wipe data cache. Tujuannya untuk menghapus seluruh data yang ada di smartphone ini. Caranya dengan menekan wipe data cacha kemudian OK, tunggu beberapa saat sampai proses penghapusan selesai.

e. Bila proses penghapusan sudah selesai. Saatnya untuk menginstal firmware Oppo dengan menekan install form sd, lalu cari firmware yang sudah dipindahkan ke SD card tadi. Jika telah menemukan firmaware, klik saja nanti secara otomatis aplikasi tersebut akan terinstal.

f. Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai, bila sudah tekan reboot. Silahkan Anda periksa keberhasilan dari proses flashing.

Catatan :

Bila Anda mengalami kegagalan ketika sedang melakukan penginstalan firmware dari Oppo, biasanya dikarenakan oleh beberapa hal :

1. Firmwarenya Korup

Firmware yang korup biasanya dikarenakan saat dilakukan unduhan, Anda mengehentikan sejenak atau bahkan menghapus. Bisa juga terjadi akibat sinyal yang lemah / jelek saat melakukan proses pengunduhan. Solusinya harus di unduh ulang aplikasi firmware tersebut. Lakukan dengan hati hati jangan sampai melakukan kesalahan lagi.

2. EMMC Rusak

Salah satu kasus yang sering terjadi pada hp Oppo yang gagal saat melakukan flash / gagal mengatasi masalah bootloop yaitu memori penyimpanan (EMMC) sudah rusak. Nah untuk pencegahannya jangan pernah lakukan hal seperti menaruh file apapun di memori internal simpanlah di memori eksternal saja, mengotak atik sistem melalui CWM Recovery, memasang banyak sekali aplikasi sampai melebihi kapasitas dari memori internal, memindahkan suatu aplikasi di sd card.

Baca juga : Cara Flash Asus Zenfone C Sangat Mudah

Diatas merupakan cara mengatasi hp OPPO Neo 3 Bootloop tanpa PC. Semoga isi dari artikel mengenai cara untuk mengatasi bootloop di ponsel Oppo dapa memberikan manfaat pada semuanya. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply