Harga iPhone 6s dan Spesifikasinya 2017

Jika anda membutuhkan sebuah smartphone berperforma mantap, tapi anda tidak ingin smartphone yang terlalu mainstream, mungkin anda harus mempertimbangkan untuk membeli iPhone 6s. Memang, ini sama sekali bukan smartphone langka. Bahkan, bisa dibilang ini adalah produk yang sangat populer. Tapi, harganya mahalnya membuat pemilik gadget premium tersebut jumlahnya terbatas. Jadi, sudah pasti anda akan jarang bertemu dengan orang lain dengan gadget sama persis. Saat ini, harga iPhone 6s di Indonesia sekitar 8 juta rupiah, untuk varian dengan memori internal sebesar 64 GB dan disertai garansi resmi dari Apple. Sedangkan untuk beberapa varian lain bermemori internal lebih kecil, harganya lebih murah, tapi tidak terpaut jauh dan masih di atas 6 juta rupiah. Jika anda ingin mendapatkan iPhone 6s berharga lebih murah, anda bisa mencoba yang garansinya bukan garansi resmi Apple, melainkan garansi distributor. Unit bergaransi distributor harganya jauh lebih murah dibandingkan garansi resmi Apple. Tapi anda harus ingat bahwa walaupun banyak diklaim sebagai unit baru, sebenarnya unit-unit tersebut refurbished.

Walaupun sebagian besar produk Apple terkenal karena kualitasnya bagus, anda tetap harus teliti sebelum membeli untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut adalah spesifikasi utama iPhone 6s.

Spesifikasi Utama

Spesifikasi iPhone 6S Spektifikasi Utama
Sistem Operasi iOS 9, dapat ditingkatkan menjadi iOS 10.3.2
Prosesor Dual-core 1.84 GHz Twister
Memori 16/32/64/128 GB, 2 GB RAM
Display LED-backlit IPS LCD berukuran 4.7 inci, jenis layar sentuh kapasitif, 16 juta warna, resolusi 750 x 1334 piksel (~326 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Bluetooth, USB 2,0 reversible connector
Kamera Depan 5 MP, f/2.2, 31mm, 1080p@30fps, 720p@240fps, face detection, HDR, panorama
Kamera Belakang 12 MP, f/2.2, 29mm, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Baterai Non-removable Li-Ion 1715 mAh
Jaringan GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIM Nano-SIM
back to menu ↑

Desain

iPhone 6s memiliki desain bodi khas Apple, yaitu terbuat dari bahan aluminium solid dan kokoh, serta dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman dan mantap dalam genggaman tangan. Sedangkan untuk pilihan warnanya, tersedia Space Gray, Silver, Gold, serta Rose Gold.

back to menu ↑

Kelebihan

Seri 6s mempunyai kamera sangat bagus, beresolusi 12 MP. Selain menghasilkan foto berkualitas tinggi, kamera tersebut juga mampu menghasilkan rekaman video berkualitas bagus, dengan kualitas maksimal 2160p@30fps. Kamera tersebut juga mampu merekam dengan kualitas 720p sampai @240fps. Jadi, smartphone dari Apple ini sudah pasti dapat diandalkan oleh pemiliknya untuk menemani di berbagai acara, dan tidak akan ada momen yang tidak bisa diabadikan secara maksimal. Untuk kamera selfienya, ponsel tersebut dipersenjatai kamera 5MP, dan dilengkapi sensor BSI serta modus HDR. Kamera depan tersebut juga mampu merekam video berkualitas 1080p@30fps.

iPhone 6s tersedia dalam beberapa varian dengan perbedaan hanya pada kapasitas penyimpanan internalnya. Bagi pengguna yang tidak membutuhkan fasilitas penyimpanan data terlalu besar, tersedia varian berkapasitas 16 atau 32 GB. Dan tentunya, harga kedua varian tersebut walaupun tetap saja mahal, relatif lebih terjangkau dibandingkan varian berkapasitas memori internal lebih besar. Sedangkan bagi para pengguna yang benar-benar membutuhkan kapasitas memori internal besar, tersedia varian bermemori internal sebesar 64 dan 128 GB. Tapi tentunya, kedua varian tersebut harganya paling tinggi.

iphone 6s 2

Untuk menciptakan sebuah smartphone cantik tapi kokoh, Apple melengkapi iPhone 6s dengan perlindungan ekstra menggunakan ion-strengthened glass dan oleophobic coating. Jadi para pemilik ponsel tersebut dapat beraktivitas dengan bebas karena gadget mereka bukan jenis mudah rusak. Selain itu, tersedia fitur keamanan berupa sensor sidik jari. Jadi, data dalam dalam ponsel tersebut akan selalu aman karena hanya dapat diakses oleh pemiliknya saja.

Untuk baterainya, iPhone 6s menggunakan baterai tanam Li-Ion berkapasitas 1715 mAh. Memang jika dibandingkan smartphone lainnya di pasaran, kapasitas baterai tersebut termasuk kecil. Tapi perlu kita ingat, bahwa ini adalah iPhone, yang platformnya sangat berbeda dengan sebagian besar smartphone di pasaran yang menggunakan Android. Jadi, konsumsi tenaga baterainya juga sudah pasti berbeda. Walaupun kapasitasnya tidak besar, baterai tersebut mampu menyediakan waktu standby sampai 240 jam, dan talk time sampai 14 jam. Sedangkan jika hanya untuk memutar musik, baterai tersebut mampu bertahan sampai 50 jam. Tipe baterai tanam sebenarnya kurang disukai oleh para penggunanya. Tapi, memang sebagian besar ponsel high-end masa kini justru menggunakan tipe baterai tersebut. Biasanya penggunaan baterai tipe tanam dilakukan untuk meminimalkan berat serta membuat gadget lebih tipis. Baterai tanam tetap bisa diganti, tapi harus dilakukan oleh teknisi.

iPhone 6s menggunakan layar berukuran 4.7 inci. Ini adalah ukuran layar cukup lebar, apalagi jika kita bandingkan dengan layar seri 5 yang hanya 4.0 inci. Ukuran 4.7 inci sangat pas dan proporsional dengan panjang bodi serta desain bodi seri 6s secara keseluruhan. Dan dengan ukuran ini, segalanya di layar dapat terlihat jelas, tapi ukuran gadget tetap tidak terlalu besar dan tidak membuat repot saat dibawa berpergian.

Ada satu kelebihan dari iPhone 6s yang seringkali tidak dibahas, padahal sebenarnya cukup istimewa. Dalam mendesain iPhone 6s, para ahli di Apple memperhitungkan berbagai faktor yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan. Contohnya, smartphone ini menggunakan LED-backlit display yang bebas mercury, kaca yang bebas arsenic, dan penutup bodi dari aluminium yang bisa diaur ulang. Jadi bisa dibilang produk dari Apple ini merupakan smartphone paling ramah lingkungan jika dibandingkan para pesaingnya.

back to menu ↑

Kekurangan

Seperti sebagian besar produk lainnya dari Apple, satu hal yang oleh banyak orang dianggap sebagai kekurangan dari produk ini adalah harga mahalnya. Selain itu, produk ini juga dianggap kurang fleksibel, karena tidak dilengkapi slot untuk microSD. Para pengguna smartphone dengan slot microSD bisa dengan mudah menambah kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan mereka. Sedangkan para pengguna iPhone 6s, jika suatu saat mereka membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar, mereka mungkin harus membeli unit baru.

iphone 6s 3

Walaupun iPhone benar-benar berbeda dan tidak bisa dibandingkan dengan smartphone Android, karena mereka bertarung di pasar yang sama, mau tidak mau fitur antara kedua jenis smartphone ini selalu dibandingkan. Dan seringkali dalam perbandingan tersebut iPhone kalah. Contohnya, ada banyak smartphone Android dengan harga relatif sama dengan iPhone 6s ini, yang sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging. Sedangkan seri 6s ini belum memilikinya. Dari segi jenis prosesor juga ponsel ini kalah telak. iPhone 6s hanya menggunakan prosesor dual-core. Padahal, untuk saat ini bahkan ponsel mid-end yang harganya tidak sampai seperempat harga seri 6s pun sudah menggunakan prosesor octa-core.

Dari segi desain, ada satu hal cukup mengganjal dari iPhone 6s. Kamera utamanya yang menonjol dianggap terlalu mengganggu, dan membuat desain ponsel ini menjadi kurang seimbang karena terkesan terlalu berat bagian atasnya. Selain itu, ponsel ini mempunyai satu kekurangan yang konyol, yaitu tidak adanya radio FM. Padahal, sebenarnya fitur semacam ini sangat sederhana. Jadi, Apple kemungkinan mempunyai alasan khusus untuk tidak menyediakannya.

 Type Hp IphonePerkiraan Harga baru
17 Plus13,900,000
2711,900,000
36s plus13,700,000
46s9,800,000
56 Plus7,300,000
665,900,000
75s3,500,000
851,600,000
9410,000,000
10SE12,500,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply