Cara Flash Lenovo A6000 Tanpa PC dan dengan PC

Cara flash Lenovo A6000 tanpa PC ataupun dengan PC bukan hanya diperuntukan untuk mengatasi masalah bootloop saja. Dapat juga untuk mengatasi masalah yang lain seperti sistem berhenti, terjadi error pda sistem, smartphone menjadi lambat/ lemot, aplikasi berhenti sendiri, dan masih banyak lainnya. Biasanya setelah sebuah smartphone di lakukan flash akan menjadi normal kembali sedia kala seperti baru membelinya dari pabrik.

Ketika melakukan proses flashing diharapkan Anda tak perlu gugup maupun marah, karena itu tak akan membuahkan hasil. Kunci utama yaitu ketenangan karena tenang membuat seseorang dapat berfikir jernih. Selain itu ikutilah tutorial dengan benar agar kemungkinan berhasil semakin tinggi. Nah berikut ini merupakan tutorial atau cara melakukan flash yang benar.


Baca juga : Cara Flash Lenovo A6000 Tanpa PC dan dengan PC

Berikut Cara Flash Lenovo A6000 Tanpa PC dan dengan PC

Tanpa Menggunakan PC via SD Card

Anda perlu menyiapkan bahan bahannya sebelum mengeksekusi smartphonenya seperti Firmware untuk Lenovo yang bisa didownload. Kemudian ikuti tahapan tahapannya seperti dibawah ini :



a. Pindahkan Firmware yang sudah didownload tadi ke micro SD Card. Letakkan filenya diluar folder saja agar mudah ketika mencarinya. Kemudian masukklah ke menu recovery caranya adalah menekan tombol power + volume down secara bersamaan dan tahan selamaa beberapa detik hingga muncul logo Lenovo.

b. Untuk dapat memilih opsi yang ada Anda bisa menggunakan tombol power untuk konfirmasinya dan tombol volume up/ down untuk mengarahkan ke bawah atau keatas. Apabila telah masuk ke menu recovery ini pilihlah Factory Reset/ Wipe Data. Lalu pilihlah Wipe Cache Partition.

c. Kemudian pilih dan pencet Apply Update from SD Card, dilanjutkan dengan mencari file Firmware yang telah ditaruh di SD Card. Tunggulah hingga proses penginstallan ulang selesai. Jangan memencet tombol apapun ketika proses flashing berlangsung agar tak mengalami kegagalan.

d. Apabila proses flashing smartphonenya telah selesai, maka ponsel pintar itu akan merestart dengan sendirinya secara otomatis. Memang untuk dapat masuk ke menu utama membutuhkan waktu sekitar 5 menit sampai 10 menit. Jadi diharapkan Anda bersabar.

back to menu ↑

Menggunakan PC

Siapkan bahannya terlebih dahulu seperti USB Driver untuk Lenovo, QPST versi baru, dan Firmware yang bisa didownload terlebih dulu. Selanjutnya ikuti langkah langkahnya berikut ini :

cara 2a
Baca juga : Cara Root Android dengan PC Yang Mudah Dilakukan

a. Pertama tama extractlah semua bahan yang sudah disiapkan. Install USB Driver dan QPSTnya di PC ataupun Komputer. Sebelum melakukannya matikan dulu ponsel pintarnya dan diamkan selama kurang lebih 6 detikan. Sekarang barulah menghubungkan smartphonenya ke PC menggunakan Kabel USB.

cara 2b
b. Ketika menghubungkannya ke komputer jangan lupa sambil memencet tombol Volume Up. Kemudian jalankan QFIL yang ada pada All Apps selanjutnya cari QPST yang sudah diinstal tadi dengan menyesuaikan versi Windows Anda. Setelah QFIL terbuka pastikanlah HPnya terdeteksi PC.

cara 2c
Baca juga : Cara Root Asus Zenfone 5 yang Mudah

c. Kemudian akan muncul tulisan Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 pada tools QFIL. Apabila ada tulisan tersebut pilik Browse kemudan cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang terletak di folder hasil ekstrak firmware. Dilanjutkan mengeklik open.

d. Setelah melakukan klik open pada file tersebut, maka akan muncul suatu tampilan kemudian klik Load XML. Lalu muncullah rawprogram_unsparse, klik open di filenya dan akan keluar lagi file patch0.xml, klik lagi open. Berikutnya klik Download pada tools QFIL dan proses flash berjalan. Tunggu sampai selesai.

Dua cara diatas mengenai cara flash Lenovo A6000 tanpa PC maupun dengan PC mudah dilakukan sendiri dirumah, jadi tak perlu membawanya ke tukang service alat alat elektronik. Semoga penjelasannya bisa menambah wawasan pengetahuan Anda semua. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply