Cara Flash Android yang Benar dan Mudah

Mengetahui cara flash android sudah selayaknya diketahi oleh para pengguna smartphone. Flash merupakan kegiatan menginstal kembali OS Android, umumnya flashing dilakukan untuk dapat memperbaiki masalah pada sebuah smartphone. Flash adalah jalan terakhir agar bisa keluar dari masalah yang terjadi dan akan mengahpus data pada penyimpanan internal. Jadi disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Penyebab mengapa Anda melakukan flash adalah lupa password, terjadi stuck di logo, selalu mengalami kesalahan sistem/ force close pada aplikasi, dan masih banyak lainnya. Faktor penyebab terjadinya masalah masalah seperti itu dikarenakan kebiasaan penggunanya yang salah memasang aplikasi, atau terkena malware. Untuk itu simaklah ulasan mengenai cara untuk flashing ponsel Android berikut ini.


Baca juga : Cara Memperbaiki HP Bootloop Lewat PC

Berikut Cara Flash Android

Menggunakan Box Flasher

box flaser
Baca juga : Cara Flash Lenovo A369i Tanpa PC dan dengan PC
Cara terampuh dari semua bentuk flasher yaitu dengan menggunakan bantuan box flasher. Box Flasher sering digunakan oleh pemilik jasa service Ponsel. Jadi apabila ingin menggunakan metode ini harus membeli alatnya dulu. Tetapi harganya cukup mahal. Alat ini umumnya dipakai serta mempunyai kelengkapan universal bagi semua jenis ponsel adalah UFS HWK Tornado. Nah berikut langkah langkahnya :



a. Pertama tama lakukanlah instalasi alat tersebut ke PC/ Komputer Anda. Setelah instalasinya selesai, Anda dapat segera menyambungkan msartphone ke Box Flashernya dengan menggunakan kabel flash. Kemudian jalankan Software UFSnya. Pilihlah tipe yang sesuai dengan smartphone.

b. Pilihnya disebelah kanan bawah pada toolbar UI setting kemudian klik di tool bar check setelahnya. Selajutnya di bagian bar bernama tipe ponsel pintar Anda, kilk di kolom product lalu pilihlah tipe smartphone yang diinginkan. Lalu isilah kolom PPM, CNT, dan PPM sesuai tipe HP. Pilihlah flash atau start. Selesai.

Perlu diketahui bahwa tombol Start melakukan poses flashing secara menyeluruh di ponsel pintar sedangkan tombol flash digunakan untuk hanya sekedar mengupgrade sistem ponsel pintarnya.

back to menu ↑

Menggunakan PC (Odin)

Sebelum melakukan flashing harus disiapkan terlebih dahulu driver, firmware, dan tetntunya software odin. Kemudian ikuti tahapannya dibawah ini :


a. Extractlah semua file tadi dan jangan lupa drivernya di install. Kondisikan ponsel dalam keadaan off atau mati. Lalu lepaskan baterainya dala waktu kurang lebih 15 detik. Pasang kembali baterainya dan masuklah ke mode download.

cara 2b
b. Untuk masuk tekanlah tombil power + home + vol down secara bersama sama hingga keluar tulisan warning! ( disemua HP berbeda beda). Lalu bukalah aplikasi Odin dan sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data.

c. Ceklist Nand Erase All serta Auto Reboot dan dilajutkan dengan klik tombol AP lalu masukkan file firmwarenya. Kemudian klik tombol start. Tunggulah sampai proses selesai yang ditandai dengan muncul tulisan PASS.

back to menu ↑

Tanpa menggunakan PC

Bila dengan metode ini tak perlu mendownload software flash ataupun driver. Yang dibutuhkan hanya Stockrom/ firmware saja. Tapi syaratnya ponsel telah terpasang CWM Recovery/ Custom Recovery. Setelah itu ikuti langkah berikut ini :

cwm
Baca juga : Cara Flash Asus Zenfone 4 T001 dengan Mudah
a. Masuklah ke menu CWM Recovery dengan menekan tombol Power + Vol Down secara berasama sama dan tahan selama beberapa saat hingga masuk ke CWM, gunakanlah tombol vol up/ down untuk navigasi danpower untuk konfirmasinya.

b. Pilihlah data reset/ wipe factory, kemudian pilih wipe cache pastition, lalu pilihlah wipe dalvik cache bila tersedia. Pilih Install Zip from SD Card, pilih firmware. Proses flashing berjalan, tunggu hingga selesai, lalu secara otomatis HP akan melakukan Reboot.

Tiga cara flash android diatas mudah dilakukan bukan ? jadi Anda tak perlu membawa ponsel ke service center. Semoga penjelasan diatas mengenai cara untuk lashing perangkat Android dapat menambah wawasan Anda. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply