Cara Flash Oppo R831K dengan Mudah

Cara flash Oppo R831K merupakan tutorial yang bisa digunakan untuk dapat memperbaiki kondisi smartphone yang sedang rusak seperti bootloop ataupun matot/ mati total. Karena hampir disetiap ponsel pintar akan mengalami sebuah masalah seperti kondisi smartphone menjadi lemot/ lambat. Apalagi jika digunakan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Maka dari itu simak dengan baik penjelasan sinkatnya mengenai cara untuk melakukan flash pada Oppo R831K.


Baca juga : Cara Flash Oppo R1001 dengan Benar

Berikut Cara Flash Oppo R831K

Menggunakan PC

Perlu dicatat bahwa Oppo versi ini memiliki banyak versi firmwarenya. Maka pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan saja. Sebelum melakukan flashing Anda harus menyiapkan alat alat seperti Flashtool, Driver, dan Firmware dengan mendownload di situs resmi milik Oppo. Lebih baik download menggunakan Wi Fi agar tak banyak mengahasbiskan kuota. Jika sudah didownload tinggal ikuti langkah langkah berikut :
cara 1a
a. Pertama silahkan extract semua file yang tadi telah didwonload. Buka flashtoolnya yang terdapat di dalam folder flashtool. Apabila sudah terbuka lihatlah di tab kanan atas pilih dan klik Download Agent lalu klik MTK all in one.

cara 1b
b. Kemudian pilih dan tekan tombol Scatter Loading dilanjutkan dengan memililh file Scatter didalam folder Firmware Oppo yang tadi sudah didownload sebelumnya.



cara 1c
c. Selanjutnya di opsi file yang sudah muncul buanglah tanda centang pada Uboot dan Preloader apabila ponsel pintar yang sedang dikerjakan masih dapat menyala walaupun rusak dan apabila ponselnya mati total opsi dicentang semua.

cara 1d
d. Kemudian untuk bisa masuk ke proses flashing klik tombol Download. Disini siapkan ponsel pintar Anda berserta kabel USB yang akan dicolokkan ke PC. Bila ponsel tanpa baterai tekan tombol vol up dan colok USB hingga mungcul notifikasi install driver di PC.

cara 1e
e. Setelah muncul pemberitahuan install driver Anda harus mengarahkan ke folder MT65xxUSB Driver yang telah didownload sebelumnya. Bila drivernya sudah terinstall maka proses akan ditunjukan dengan bar warna kuning.

cara 1f
f. Bila telah terinstal diver kok masih saja diam, ulangi proses flash dengan mencabut kabelnya terlebih dahulu. Jika tetap diam coba cek dibagian Driver dan juga cek Device Managernya. Kalau logo tanda serunya berwarna kuning pada USB, ilahkan update drivernya secara manual.

cara 1g
Baca juga : Cara Merubah Icon Sinyal 3G menjadi 4G di HP Android

g. Lama dari proses flash tergantung PC yang digunakan. alangkah baiknya tutup semua aplikasi lain yang sedang dijalankan PC Anda. Bila berhasil akan muncuk pemberitahuan Download OK. Cabut kabelnya, nyalakan ponsel, setting, selesai.

back to menu ↑

Tanpa PC

Sebelum melakukan flash terlebih dahulu Anda mendownload Firmware Opponya dengan versi terbaru di situs resmi Oppo. Kemudia ikuti tahapannya sebagai berikut :

cara 2a
a. Copy file firmware yang didwonlaod ke SD Card caranya bisa menggunakan kabel data atau card reader. Masukkanlah SD Card yang telah terisi file firmware ke slot micro SD pada smartphone yang akan dilakukan flash dalam keadaan mati.

cara 2b

b. Nyalakan smartphone dengan tekan tombol vol up + power agar bisa menuju ke mode recovery. Dan ingat kodisi baterai harus lebih dari 60% untuk mencegah kegagalan yang bisa terjadi.

cara 2c
Baca juga : Cara Membuat Antena Penguat Sinyal HP

c. Bila sudah masuk ke menu recovery mode pilihlah bahasa yang diinginkan, misalkan saja Inggris. Dilanjutkan memilih Wipe Data and Cache. Tunggulah hingga proses tersebut selesai.

d. Kemudian ditampilan utama Oppo Recovery klik install from SD, pilihlah lokasi pada eksternal memori. Setelah berhasil akan muncul keterangan yaitu Instalation Successful. Dan Reboot smartphone Anda. Tunggu selama beberapa saat. Selesai.

Cara Flash Oppo R831K diatas dapat dilakukan sendiri dirumah tanpan memerlukan bantuan dari pihak lain. Semog penjelasan diatas dapat memberikan tambahan wawasan yang sifatnya positif untuk Anda semua. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply