Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh 5 KM

Pada jaman canggih dan modern seperti sekarang ini semua orang pastisnya mempunyai laptop atau komputernya sendiri. Karena laptop atau komputer telah menjadi kebutuhan setiap insane baik itu pekerja, pelajar, bahkan anak anak. Jika memiliki laptop tapi tak bisa berselancar diinternet pastinya kurang menyenangkan karena tak ada koneksi Wifi yang tersedia, misal ada itupun jauh. Untuk mengatasinya diartikel ini akan dibahas cara menangkap sinyal wifi jarak jauh 5 km. simak baik baik penjelasan lengkapnya dibawah ini.


Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal Modem

Berikut Cara Menangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh 5 KM

Menggunakan Perangkat Mikrotik SXTG 2HnD.

mikrotik
Baca juga : Cara Memperkuat Sinyal Wifi Agar Cepat

Cara yang satu ini dianggap paling ampuh untuk mendapatkan sinyal wifi dari jarak sejauh 5 kilometer. Ikuti langkah langkahnya berikut ini :



a. Sebelum melakukannya tentunya Anda harus membeli terlebih dahulu Mikrotiknya. Perangkat ini dipilih kebanyakan orang akarena bentuknya yang simpel dan mungil. Didalamya terbenam antenna 10 dGi serta dipersenjatai dengan 1 interface wireless berkekuatan daya penguatan mencapai 32 dBm yang dapat menjangkau wifi sejauh 5 kilometer.

b. Arahkanlah mikrotik tersebut ke wifi yang dituju. Kemudian Port Ether 1 Mikrotik dihubungkan ke Port Ether1 Mikrotik Rb menggunakan kabel UTP sepanjang 10 meter. Pada ujung kabel UTP pasangkan Power Over Ethernet sebagai catu daya Mikrotiknya. Ujung kabel UPTdan Output Power Over Ethernet sengaja diisolasi agar tak mudah lepas. Jika lepas maka akan mati.

Bila sudah melakukan dua langkah diatas, selanjutnya adalah mengatur atau mensetting perangkatnya. Simak caranya seperti dibawah ini :

a. Lakukanlah scanning sinyal Wi Fi menggunakan Scanner, caranya pilih wireless, lalu Wlan1 dan klik Scan. Kemudian akan tertangkap beberapa sinyal. Pilihlah yang mendekati nol karena semakin kecil akan semakin kuat sinyalnya.

b. Setting Mode dengan Station Pseudobrigde. Mode ini biasa dilakukan karena mikrotik digunakan sebagai transparentbrigde. Maka agar interface wlan1 dapai di bridge mengguakan ether1 sehingga mode yang digunakan yaitu station pseudobrigde.

c. Buatlah Interfacebrigde dengan memasukan wlan 1 dan interface ether1 pada portbrigde. Disini perangkat Mikrotik SXTG 2HnD telah disetting sebagai Transparent Brigde yang berfungsi menangkap sinyal Wi Fi terkuat dan meneruskan koneksi internetnya ke Mikrotik RB via kabel LAN.

back to menu ↑

Menggunakan Metode Acces Point

Sebelum melakukannya, dibutuhkan beberapa alat seperti USB Wi Fi yang berfungsi menangkap sinyal Wi Fi, Antena Eksternal untuk alat bantu penerima sinyal biar jangkauannya jadi lebih jauh, kaleng bekas untuk memfokuskan arah jaringan yang diinginkan, dan terakhir kabel USB sebagai penghubung laptop denga USB Wi Fi. Setelah semua alat alat terpenuhi, ikuti langkahnya seperti berikut :

cara 2a
a. Pertama tama lubangilah kaleng agar bisa memasukan USB serta kabel USB. Lalu rekatkan dengan menggunakan lem panas. Agar lebih aman dari air hujan lubang dikaleng dibungkus plastik.

cara 2b
b. Kemudian pasang kaleng tersebut yang tadi telah terhubung kabel USB dan USB WiFinya dengan tiang Antena Eksternal. Selanjutnya colokkan kabel USB ke Laptop/ Komputer. Anda bisa menggunakan Tripod agar lebih mudah dibawa.

cara 2c
Baca juga : Cara Menguatkan Sinyal HP dengan Mudah

c. Jika sudah dilakukan langkah yang terakhir adalah mengetesnya apakah alat yang dibuat Anda berhasil atau tidak. Anda bisa naik ke tempat tinggi misalnya dilantai atas rumah. Usahakan agar Antena Eksternal tak terhalang pohon atau gedung, serta arahkan lubang ke antenna acces point yang Anda ingin tembak.

Dua cara diatas mengenai cara menangkap sinyal wifi jarak jauh 5 km sangat mudah dilakukan sendiri dirumah walaupun membutuhkan beberapa biaya untuk membeli alat alat yang diperlukan. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat baik bagi Anda. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply