Cara Menghilangkan Virus Di HP Android

Android merupakan sistem operasi yang banyak diterapkan pada smartphone. Namun karena android memiliki sifat open source bagi developer yang akan mengembangkan OS ini maka sangat rentan dimasuki oleh malware. Jika smartphone anda sudah disusupi virus maka sistem tidak bisa berjalan normal dan lama-lama hp anda akan rusak secara perlahan. Tenang, kali ini kita akan membahas cara menghilangkan virus di hp android dengan cepat dan mudah sehingga hp android anda akan terbebas dari gangguan virus nakal.

Darimana virus itu berasal? Ia berasal dari berbagai aplikasi di google playstore. Malware ini jelas sangat mengganggu pengguna smartphone karena biasanya walaupun anda menginstal aplikasi antivirus namun justru aplikasi tersebut telah disusupi oleh virus ini. Nah, memang paling ampuh untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan factory reset namun ini bukan hanya menghapus malware di hp anda tetapi juga seluruh data yang ada di dalamnya. Tidak usah merisaukan ini karena berikut ini akan dijelaskan penjelasan dan langkah-langkah untuk menghilangkan virus tanpa harus kehilangan data. Perhatikan berikut ini.


Baca juga : Cara Menghilangkan Internet Positif Di HP Android

5 Cara Menghilangkan Virus Di Hp Android

Keberadaan virus tentunya sangat parasit bagi para pengguna android karena membuat kinerja sistem menjadi sangat lamban dan mempersulit aktifitas yang dilakukan. Bagaimana cara mengatasinya? Simak caranya berikut ini ya.



Menginstal Antivirus

anti virus
Baca juga : Cara Reset HP Smartfren Mudah Untuk Dilakukan

Cara pertama ini dapat anda lakukan jika hp sudah terjangkit virus tapi masih belum parah. Berbagai aplikasi antivirus dapat anda download dari playstore atau melewati web agar lebih aman dan terhindar dari aplikasi yang tersusupi oleh virus. Berikut ini langkah-langkah menginstal antivirus.
a. Buka google playstore atau web dan tuliskan antivirus apa yang akan anda download.
b. Kemudian install aplikasi tersebut.
c. Lanjutkan dengan proses scanning dan nanti akan muncul sebuah pemberitahuan aplikasi mana saja yang sudah terinfeksi virus.
d. Tunggulah beberapa saat sampai proses scanning selesai dan dilanjut dengan membersihkan virus. Disarankan untuk menghapus file yang sudah terdapat virus.

back to menu ↑

Masuk Ke Safe Mode

safe mode

Cara kedua adalah dengan masuk kedalam safe mode. Dengan ini maka hp anda hanya akan menjalankan aplikasi yang penting saja atau aplikasi yang sudah menjadi bawaan hp. Bagaimana caranya mengubah ke safe mode? Ikuti caranya berikut ini.
a. Pastikan jika baterai hp masih cukup dan berada di atas 50%
b. Selanjutnya, tekan beberapa saat tombol power+Volume secara bersama-sama
c. Setelah itu, proses booting akan berjalan dan anda akan memasuki safe mode

back to menu ↑

Mengecek Aplikasi Yang Terpasang

cek aplikasi
Yang ketiga adalah mengecek aplikasi yang sudah terpasang di andoid anda. jika hp sudah berada dalam safe mode inilah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Ikuti langkah berikut.
a. Pertama, masuklah ke menu pengaturan dan klik apps.
b. Lalu pilih tab downloaded.
c. Lihat pada menu downloaded ini karena semua aplikasi selain bawaan akan hilang. Namun karena terdapat malware maka sistem akan memunculkan aplikasi yang belum didownload

back to menu ↑

Uninstall Aplikasi

unistal apk
Baca juga : Cara Reset HP Samsung Duos Secara Aman

Setelah melakukan proses pengecekan maka selanjutnya adalah proses penghapusan aplikasi. Untuk melakukanya, ikuti langkahnya dibawah ini
a. Buka menu pengaturan dan pilih aplikasi.
b. Lalu tab atur aplikasi dan pilih aplikasi yang akan diuninstall.
c. Kemudian pilih hapus instalan dan android anda sudah ada dalam keadaan normal kembali.

back to menu ↑

Melakukan Pencegahan

Ini menjadi cara terakhir yang bisa dilakukan. Ibarat pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu, bijaklah dalam mengakses apapun melalui hp agar malware tidak masuk ke hp anda karena biasanya virus datang dari aplikasi yang tidak memiliki ijin atau konten berbahaya.

Demikian merpakan cara menghilangkan virus di hp android yang bisa anda coba. Siapa takut dengan virus? Selamat mencoba ya!



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply