Harga iPhone 6 dan Spesifikasinya November 2017

iPhone adalah smartphone dengan begitu banyak penggemar fanatik. Dan karena seri terbaru, yaitu seri 7, harganya sangat mahal, banyak orang yang memilih untuk membeli seri-seri sebelumnya saja, seperti iPhone 6. Walaupun sudah cukup lama beredar di pasaran, yaitu sejak akhir tahun 2014, seri iPhone ini masih sangat banyak peminatnya. Dan untuk ukuran smartphone yang sudah beredar selama sekitar 3 tahun, harga iPhone 6 masih relatif tinggi, yaitu sekitar 4,3 juta rupiah untuk varian bermemori 64 GB. Sedangkan untuk varian bermemori lebih kecil, harganya jauh lebih murah, yaitu sekitar 3,5 juta rupiah dengan memori 16 GB. Harga-harga tadi adalah harga untuk unit baru dan bergaransi. Sedangkan untuk unit second atau bekas, harga berkisar antara 3 sampai 4 juta rupiah, tergantung dari kondisi, sisa waktu garansi, dan besar memorinya.

Jadi memang dalam hal harga, ponsel dari Apple ini cukup unik, karena harga unit second bisa lebih mahal dibandingkan harga unit baru, apalagi jika memori unit second tersebut lebih besar. Contohnya, unit second dengan memori 128 GB, harganya masih sekitar 4 juta rupiah, jadi lebih mahal dibandingkan unit baru bermemori 16 GB yang harganya hanya sekitar 3,5 juta rupiah. Tapi ini juga bukan berarti bahwa orang-orang lalu lebih memilih membeli yang memorinya kecil tapi baru. Buktinya, unit-unit second bermemori besar tetap laku keras di pasaran. Dan jika anda mencoba menjual unit second kepada konter atau penjual hp, mereka pasti tidak akan ragu untuk membeli, asalkan harganya masih masuk dalam perhitungan mereka.

Baca: Harga iPhone 5s dan Spesifikasi November 2017

Spesifikasi Utama

Spesifikasi iPhone 6 Spektifikasi Utama
Sistem Operasi iOS 8, bisa di-upgrade ke iOS 10.3.2
Prosesor Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based)
Memori 16/32/64/128 GB, 1 GB RAM DDR3
Display Layar sentuh kapasitif ukuran 4.7 inci tipe LED-backlit IPS LCD, 16 juta warna, resolusi 750 x 1334 piksel (~326 ppi)
Konektivitas Wi-Fi, hotspot, Bluetooth 4.0, USB 2.0, reversible connector
Kamera Depan 1.2 MP
Kamera Belakang 8 MP, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash,
Baterai Non-removable Li-Po 1810 mAh
Jaringan GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
SIM Nano-SIM
back to menu ↑

Desain

Dari segi tampilan, iPhone 6 cukup menarik. Bodinya terbuat dari bahan aluminium berkualitas. Dan karena ketebalannya hanya 6.9 mm, ponsel pintar ini sangat nyaman dalam genggaman. Smartphone ini juga tidak terlalu berat. Bobotnya sangat pas, sehingga tidak terlalu memberatkan saat dibawa di saku kemeja. iPhone seri 6 ini tangguh, berkat perlindungan dari ion-strengthened glass, dan oleophobic coating. Karena kualitas bahan, pembuatan, dan desainnya, sangat jarang ada orang yang mengeluhkan soal desain smartphone ini. Dan Apple pun tampaknya juga beranggapan bahwa desain tersebut sudah bagus. Buktinya, jika kita amati, desain iPhone 7 yang merupakan seri terbaru sebenarnya tidak terlalu berbeda dari seri 6. Bahkan bagi orang awam, sangat sulit untuk membedakan antara seri 6 dan seri 7.

iphone 6 space-gray

Dari segi warna, memang pilihan warna untuk seri 6 tidak terlalu banyak, dan perbedaan warna antara varian yang ada pun sebenarnya tidak terlalu kontras. Warna-warna yang tersedia antara lain Space Gray, Silver, dan Gold.

Baca: Harga iPhone SE dan Spesifikasinya November 2017

back to menu ↑

Kelebihan

Jika kita lihat spesifikasi di atas dengan teliti, akan terlihat jelas bahwa memang smartphone ini sudah cukup lama beredar. Contohnya, kamera depannya, resolusinya hanya 1.2 MP. Dan kamera utama, hanya 8 MP. Tapi itu tidak berarti bahwa hasil jepretan kamera-kamera tersebut jelek. Banyak yang beranggapan bahwa foto hasil jepretan iPhone 6 cukup bagus. Ini adalah satu nilai plus yang harus dicatat, karena banyak orang mementingkan kualitas kamera saat memilih handphone.

iPhone 6 sudah mendukung jaringan 4G LTE. Untuk ukuran smartphone yang dirilis pada tahun 2014, hal tersebut sudah pasti merupakan suatu keistimewaan. Tapi memang, jika dibandingkan dengan kondisi sekarang, hal itu mungkin sudah tidak istimewa lagi, karena sekarang bahkan smartphone dari kelas low-end pun sudah support 4G LTE.

back to menu ↑

Kekurangan

Sebenarnya jika ulasan ini ditulis pada tahun 2014, iPhone 6 hampir tidak ada kekurangannya. Tapi jika kita lihat dengan mengingat kondisi sekarang, tahun 2017, yang sudah sangat berbeda, ada beberapa hal mengganjal dari smartphone ini. Contoh paling sederhana adalah dari segi harga. Untuk kondisi pasar sekarang, harga iPhone 6 terlalu tinggi. Dengan harga relatif sama, kita sudah bisa membeli sebuah smartphone dari kelas mid-end, yang karena tahun pembuatannya lebih baru, sudah dipersenjatai dengan spesifikasi jauh lebih bagus. Tapi ini tidak berarti bahwa iPhone 6 sekarang menjadi tidak laku. Smartphone ini tetap laku dan harganya stabil. Tapi tampaknya, bukan karena fitur, desain, atau spesifikasinya, melainkan karena gengsinya. Masih banyak orang yang beranggapan bahwa iPhone adalah gadget “berkelas,” padahal untuk kondisi sekarang sudah tidak relevan lagi.

Tidak adanya slot memori microSD mungkin dapat dianggap sebagai nilai minus dari iPhone 6. Tapi sebenarnya, bukan hanya seri 6 saja yang tidak memilikinya, tapi juga seri-seri lainnya. Jadi ini adalah kekurangan iPhone secara umum, bukan hanya seri 6 saja. Hal tersebut sepertinya memang disengaja oleh Apple, untuk “memaksa” para calon pembeli dengan kebutuhan memori internal besar untuk mengeluarkan lebih banyak uang. Jika ponsel pintar tersebut diberi slot microSD, tentunya varian bermemori besar tidak akan laku, apalagi mengingat bahwa varian bermemori besar harganya sangat mahal, bahkan untuk kondisi second sekalipun.

Baca: Harga iPhone 5 dan Spesifikasinya 2017

 Type Hp IphonePerkiraan Harga baru
17 Plus13,900,000
2711,900,000
36s plus13,700,000
46s9,800,000
56 Plus7,300,000
665,900,000
75s3,500,000
851,600,000
9410,000,000
10SE12,500,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply