Cara Mengatasi HP Cepat Panas Yang Perlu Anda Lakukan

Smartphone kini telah berkembang pesat dengan berbagai model dan merek terkenal, tidak hanya itu ponsel pintar tersebut sudah menjadi barang wajib dimiliki bagi semua orang. Dalam dunia elektronik, ponsel seperti ini di desain dengan mengandalkan fitur-fitur canggih nan memikat hati. Namun, setiap alat yang digunakan dengan pemakaian yang berlebihan pastilah tidak baik sehingga sebagai solusinya memerlukan salah satu cara mengatasi HP cepat panas seperti yang akan kami sajikan berikut ini.


Baca juga : Cara Cek HP Oppo Asli Secara Sederhana

Beberapa Penyebab Reboot/Restart Secara Terus Menerus

Banyak penyebab ponsel mengalami panas berlebih sehingga terkadang menimbulkan kerusakan pada system memang sering terjadi. Namun sebelum itu terjadi pada smartphone anda, ada baiknya mencegahnya tetapi jika hand phone sudah memiliki masalah tersebut perlu cara mengatasi HP cepat panas sebelum bermasalah terlalu besar hingga rusak total. Berikut beberapa langkah yang akan kami berikan khusus untuk menangani masalah anda.

1. Mematikan Data Selular Saat Tidak Digunakan

mematikan data seluler
Baca juga : Cara Mengatasi Layar HP Blank Hitam
Sebab pertama yang sering terjadi pada ponsel mengalami overheat dan baterai bisa secara perlahan terkuras ketika tidak sedang digunakan adalah penggunaan data selular yang tidak dimatikan. Tahukah anda bahwa data tersebut selalu bekerja saat tidak digunakan sekalipun sehingga berjalan dilatar belakang system. Untuk lebih amannya, mematikan data selular atau mengaktifkan mode pesawat sebagai berikut.



a. Data selular dimatikan
Untuk menonaktifkan data selular pada smartphone yaitu bukalah menu “Setelan”, selanjutnya klik “ Selengkapnya” lalu pilih “Jaringan Selular”, terakhir hilangkan checklist pada “Data diaktifkan.

b. Mode pesawat diaktifkan
Cara mengatasi HP cepat panas paling efektif adlah mengaktifkan mede pesawat pada hand phone dengan mencari menu “Settings” dan geser ke kanan tanda pada “Plane Mode”.

back to menu ↑

2. Mengatur Penggunaan Sosial Media

sosial media

Perkembangan untuk mengakses dunia luar memiliki peluang sangat besar sehingga banyak aplikasi tercipta untuk menarik minat pengguna smartphone agar lebih up to date dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyaknya aplikasi yang tersematkan pada HP akan menjadikannya memaksa system bekerja lebih keras. Untuk itu gunakan yang penting saja yaitu dengan mengaturnya seperti berikut:

a. Pertama, masuk ke menu “Setelan/Settings”.

b. Pilih “Aplikasi Teristal/Instaled App” lalu pilihlah aplikasi yang ingin diberhentikan.

c. Klik “Stop” untuk menghentikan aplikasi.

back to menu ↑

3. Mengupdate Sistem Terbaru

update softwere

Pada beberapa smartphone khususnya android biasanya ada yang terdapat fasilitas untuk update sistemnya secara rutin dan berkala karena telah disediakan oleh pembuat perangkatnya. Pengupdatean ini mampu memperbaiki kelemahan atau keterlambatan system yang sedang berjalan sehingga hand phone anda akan stabil dan tidak akan mengalami panas.

a. Masuk ke menu “Settings”.

b. Kemudian scroll kebawah dan pilih “About Phone”.

c. Selanjutnya pilihlah “Software Update”.

back to menu ↑

4. Menggunakan Aplikasi Pengelola Sistem

grenfity
Baca juga : Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Internetan

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua smartphone disertai dengan aplikasi untuk mengelola sistemnya. Nah, jika pada HP anda tidak disertai system tersebut lebih baik mendownload aplikasinya yang sangat efektif mengelola system yang berjalan di latar belakang ponsel. Berikut langkah-langkahnya dengan aplikasi ukuran sangat kecil:

a. Download Greenify di Google Play Store.

b. Kemudian install di smartphone anda, lalu tekan tanda “+” dan pilihlah aplikasi yang ingin dihibernasi.

c. Setelah memilihnya tekan agak lama lalu klik tanda Checklist di pojok kanan atas.

Dari pengertian diatas dan langkah-langkah untuk memperbaiki ponsel yang overheat menggunakan cara mengatasi HP cepat panas berikut. semoga langkahnya bisa membantu memecahkan masalah bagi smartphone yang anda miliki.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply