Cara Mengatasi HP Restart Berulang-Ulang

Reboot merupakan istilah dari restart yang memiliki tujuan untuk mengembalikan dalam kondisi lebih baik tanpa adanya beban. Namun jika proses tersebut selalu terus menerus tentu akan mengakibatkan kejengkelan yang luar biasa sehingga dibutuhkan cara mengatasi HP restart berulang-ulang supaya smartphone saat digunakan tidak mengalami gangguan.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Kena Air Yang Perlu Anda Lakukan


Beberapa Penyebab Reboot/Restart Secara Terus Menerus

Meskipun teknologi kini semakin canggih dengan adanya smartphone yang kian hari semakin dibekali dengan fitur keren tetapi tidak menutup kemungkinan akan mengalami masalah-masalah. Banyaknya sebab dari ponsel pintar yang bermasalah, kami akan memberikan informasi tentang penyebab yang dialami HP saat digunakan selalu restart sehingga mengganggu kenyamanan.



Perangkat lunak yang mengalami kerusakan

Dikarenakan banyak aplikasi atau game tidak support dengan ponsel anda akan menyebabkan HP selalu force close. Hal itulah yang mengakibatkan smartphone mengalami reboot/restart. Untuk itu, hapuslah aplikasi atau game tersebut dan carilah yang aman bagi ponsel anda.

back to menu ↑

System hardware error

hardware eror
Baca juga : Cara Agar HP Android Tidak Lemot Saat Internetan

Perangkat dasar didalam HP atau biasa disebut hardware sangatlah penting untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Jika perangkat ini mengalami sedikit kesalahan atau rusak, dapat dipastikan ketika anda menggunakannya akan mengakibatkan ponsel selalu restart.

Cara Mengatasi HP Restart Berulang-Ulang Dengan Langkah Tepat dan Mudah

Sebelum membawa segala alat elektronik yang anda miliki, ada baiknya menyelidiki apa penyebab rusaknya alat tersebut. Setelah mengetahuinya secara pasti, cari solusi dengan mencarinya melalui internet seperti ketika salah satu ponsel mengalami reboot/restart secara terus menerus sehingga saat anda melakukan kegiatan menggunakan smartphone tidak akan terganggu.

back to menu ↑

Menghapus aplikasi atau game

unistal apk

Penyebab paling sering pengguna smartphone yang mengeluh HPnya selalu restart adalah banyaknya aplikasi yang terdapat didalamnya dan tidak sesuai dengan system di ponselnya. Untuk itu, cara mengatasi HP restart berulang-ulang paling mudah yaitu menghapus satu per satu berbagai aplikasi atau game tidak penting/support pada system ponsel pintar.

a. Bukalah menu “Settings” di smartphone.

b. Pilih “Apps” dan temukan aplikasi yang ingin dihapus kemudian klik.

c. Pilihlah “Uninstall” setelah itu tekan “Ok”.

back to menu ↑

Mengupgrade system pada HP

upgrade system andoid

Untuk memaksimalkan kinerja ponsel tentunya butuh diupgrade sistemnya. Biasanya pada beberapa smartphone akan memberitahukan ketika sudah waktunya untuk mengupgrade sistemnya sehingga tinggal memilih upgrade. Namun jika ponsel pintar anda tidak ada pemberitahuan dapat dilakukan update atau upgrade secara manual yaitu sebagai berikut ini:

a. Pertama pastikan anda memiliki koneksi internet yang kuat.

b. Setelah itu, bukalah menu “Setelan/Settings” dan cari “Tentang Ponsel/About Phone”.

c. Pilihlah “Cek Pembaruan/Software Update” lalu tunggu beberapa saat.

d. Jika muncul pembaruan serta diminta untuk mengunduh maka “Unduh”.

e. Setelah unduhan selesai maka ponsel diminta untuk restart secara otomatis, selanjutnya klik “Ok”.

back to menu ↑

Melakukan Factory Reset

faktory reset
Baca juga : Cara Mengatasi HP Samsung Lemot

Semakin seringnya penggunaan dan pengunduhan berbagai aplikasi atau game tentu akan mengakibatkan performa ponsel mengalami penurunan sehingga akan menjadi lambat saat digunakan bahkan tidak jarang akan restart sendiri. Pada proses ini, segala data yang tersimpan akan terhapus maka sebelum melakukannya, simpan data terlebih dahulu pada USB.

a. Buka menu “Settings” lalu pilihlah “Backup & Reset”.

b. Carilah “Factory Data Reset” dan tekan “Reset Phone”.

c. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan berlangsung.

d. Pilih opsi untuk melakukan restart ponsel.

Berbagai penyebab dan cara mengatasi HP restart berulang-ulang diatas akan menambah pengetahuan anda tentang langkah-langkah untuk memperbaiki ponsel ketika masalah terjadi sehingga anda tidak perlu ke servis center.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply