Cara Mengatasi Iphone Bootloop

Iphone telah dikenal sebagai salah satu merk ponsel yang sangat terkenal dikalangan para pencinta gadget. Tapi sehebat dan seterkenal apapun produk ponsel pastinya tetap terdapat kekurangan. Seperti bootloop, namu jangan bagi pengguna Iphone tak perlu khawatir karena dibawah ini akan membahas cara mengatasi Iphone bootloop secara lengkap dan jelas. Sebelumnya Anda harus tahu penyebab bootloop.

Bootloop dapat terjadi karena penggunanya menginstal aplikasi yang tidak cocok atau tak kompatibel dengan versi iOS pada perangkat. Ini merupakan kekurangan dari jailbreak walaupun Anda menjadi lebih leuasa dalam hal menginstal. Selain itu terjadi bootloop juga dapat dikarenakan banyaknya theme dan aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Nah berikut cara yang dapat dipakai untuk mengatasi bootloop pada Iphone.

Beberapa Cara Mengatasi Iphone Bootloop



Baca juga : Cara Mengatasi Redmi Note 3 Pro Bootloop

1. Hard Reset

langkah 1

Baca: Cara Mengatasi Asus Zenfone C Bootloop

Cara pertama adalah dengan hard reset. Cara ini dapat digunakan untuk mengatasi stuck logo Apple. Bisa terjadi seperti ini biasanya perangkat yang telah mengalami jailbreak. Ikuti langkah langkahnya dibawah ini :
a. Tekan tombol power + home secara bersamaan dan tahan beberapa saat sampai muncul logo Apple.

b. Ketika perangkat sedang melakukan booting, tahan dan tekan tombol vol up.

c. Lalu masuk ke Springboard dan buka Cydia.

d. Hapus aplikasi terakhir yang di install sebelum mengalami bootloop.

e. Kemudian coba mereboot Iphone Anda. Bila proses tersebut selesai dan Anda masuk ke homescreen berarti ponsel telah sembuh dari bootloop.

back to menu ↑

2. Menggunakan PC

Sebelumnya melakukannya harus mendownload toolsnya dulu yaitu iTunes versi terbaru dan Firmware Iphone. disarankan untuk mendownload versi terbaru agar resiko gagal semakin kecil. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

a. Bukalah iTunes yang tadi didownload dan installah. Setelah itu sambungkan Iphone ke PC dengan kabel data.
langkah 2a

b. Kemudian tekan tombol home + power bersama sama sekitar 10 detik saja, lapas tombol power tapi tombol home tetap ditekan sampai layar menampilkan gambar.

c. Selanjutnya pilih dan klik Restore Iphone sembari menekan shift, lalu cari di directory dimana Anda menyimpan firmware tadi, klik firmware dan open.

langkah 2c

d. Pilihlah Restore. Kemudian Anda tinggal menunggu sampai proses selesai. Yang harus diingat kalau proses ini terjadi 2 kali loading yaitu ketika proses restore firmware dan extracting software.

langkah 2d

e. Saat extracting selesai maka akan dilanjutkan dengan proses restore firmaware.

langkah 2e

f. Setelah itu tunggulah proses loading, dan harus terjadi 2 kali.

langkah 2f

g. Setelah proses selesai dan muncul tulisan Hallo maka Iphone Anda akan kembali normal.

langkah 2g

Baca juga : Cara Reset HP Asus Zenfone 5 Secara Mudah dan Cepat

h. Selanjutnya tinggal mengikuti step step yang ada sampai dapat masuk ke menu. Jangan lupa untuk memasang kembali sim card.

back to menu ↑

3. Masuk ke Menu Recovery Mode

Cara ini dapat dilakukan jika setelah menggunakan kedua cara diatas belum mampu menyembuhkan bootloop yang terjadi. Langkah langkahnya cukup mudah kok, ikuti saja seperti dibawah ini :
a. Kondisikan ponsel Anda dalam keadaan off atau mati.
b. Sambungkan Iphone dengan komputer menggunakan kabel USB, pastikan komputer telah memiliki iTunes. Jangan memasukkan port lightning pada Iphone terlebih dahulu.
c.Tekan dan tahan selama beberapa saat tombol home di Iphone Anda.
d.Tekan terus dan dilepas ketika keluar logo itunes dilayar utama.

Sudah paham kan sekarang cara mengatasi Iphone bootloop ? semua cara diatas dapat dilakukan sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke service center. Semoga penjelasan diatas mengenai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bootloop dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply