Harga Samsung J3 dan Spesifikasinya 2017

Samsung Galaxy J3 diperkenalkan kepada publik pada awal tahun 2016. Smartphone Android kategori low-end ini mendapatkan respon sangat baik dari pasar, sehingga Samsung kemudian berencana untuk meluncurkan versi J3 terbaru pada bulan Agustus tahun 2017 ini. Walaupun belum diluncurkan, spesifikasi Samsung J3 2017 sudah kita ketahui. Sedangkan untuk harganya, sampai sekarang masih berupa perkiraan, tapi jelas jauh lebih mahal dibandingkan versi 2016. Karena versi 2017 belum beredar, di sini kita akan membahas versi 2016. Untuk mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh Samsung J3 2016, terlebih dahulu kita harus melihat spesifikasi utamanya.

Spesifikasi Utama

Spesifikasi Samsung J3 Spek Utama
Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow
Prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
Memori 8 GB, 1.5 GB RAM
Display Super AMOLED ukuran 5.0 inci, 16 juta warna, 720 x 1280 piksel, (~294 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, microUSB 2.0, USB On-The-Go
Kamera Depan 5 MP, f/2.2, 720p@30fps
Kamera Belakang 8 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
Baterai Removable Li-Ion 2600 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Single SIM (Micro-SIM) atau Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Kelebihan

Galaxy J3 mungkin memang masuk dalam kategori low-end atau kategori ponsel termurah. Tapi ini tidak berarti bahwa J3 sama sekali tidak mempunyai kelebihan. Ada beberapa hal istimewa dalam ponsel pintar ini. Contohnya, kamera utama Samsung Galaxy J3 tergolong bagus jika kita bandingkan dengan kamera milik ponsel Android lain sekelasnya. Kamera beresolusi 8.0 MP tersebut mampu menghasilkan jepretan cukup bagus. Sedangkan untuk kamera depannya, memang tidak istimewa. Tapi, begitu juga halnya dengan kamera depan sebagian besar smartphone di kelas low-end.

Layar Samsung J3 2016 berukuran 5.0 inci. Ukuran layar smartphone ini sangat disukai banyak orang, karena nyaman di mata, tapi tidak terlalu merepotkan untuk dibawa karena tidak terlalu besar. Dengan layar berukuran 5.0 inci, melakukan hal-hal seperti browsing, update status di social media, ataupun streaming video sudah pasti lebih mengasyikkan dan tidak melelahkan mata. Layar relatif besar ini juga cocok untuk bermain game. Tapi memang, mengingat spesifikasi pas-pasan pada Samsung J3, tampaknya hanya game-game sederhana yang bisa dijalankannya dengan mulus tanpa lagging.

samsung j3 2

Untuk ukuran smartphone sekelasnya, bodi ponsel Android ini relatif tipis, hanya 7.9mm saja, sehingga J3 dapat menjadi teman berpergian ideal. Selain itu, faktor kenyamanan pengguna juga diperhatikan dalam desain bodi J3 2016, ini dibuktikan dengan adanya pegangan berkontur untuk membuatnya mantap dan nyaman dalam genggaman tangan. Baterai milik smartphone ini mempunyai daya tahan bagus, terutama jika kita bandingkan dengan performa baterai smartphone lain sekelasnya. Kapasitas baterai 2600 mAh memang tergolong besar, dan itu masih ditambah dengan fitur Ultra Power Saving Mode yang sangat membantu untuk menghemat daya baterai.

Pada Samsung J3 terdapat fitur bernama Smart Manager. Dengan memanfaatkan fitur ini, penggunanya bisa dengan mudah memeriksa dan mengatur penggunaan baterai, kapasitas penyimpanan, RAM, dan bahkan keamanan perangkat. Adanya dedicated slot bagi kartu memori microSD juga pantas dihitung sebagai nilai plus, karena sebagian besar ponsel terbaru lainnya justru menggunakan hybrid slot, padahal sebenarnya justru merepotkan.

back to menu ↑

Kekurangan

Dari segi desain, tidak ada hal istimewa dari Samsung J3, selain ketipisannya. Bahkan, bagi orang-orang yang bukan fans berat smartphone Samsung, hampir tidak mungkin untuk membedakan seri J3 dengan seri-seri low-end dari Samsung lainnya, karena bentuk bodinya jika dilihat dari depan sangat mirip. Dan bukan hanya itu. Pilihan warna-warna bodi juga sangat standar, yaitu hitam, putih, dan emas. Tapi berbicara soal keterbatasan pilihan warna, sebenarnya hal tersebut bukan masalah serius, karena bisa dengan mudah ditutupi menggunakan soft case atau aksesoris hp lainnya.

Jika kita amati apa saja yang ada di dalam Samsung J3, memang semuanya merupakan komponen-komponen khas smartphone kelas low-end atau smartphone dengan harga terjangkau. Tidak ada komponen kelas premium ataupun fitur super canggih. Semuanya hanya hal-hal standar untuk memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone yang juga standar. Tapi walaupun begitu J3 termasuk salah satu tipe ponsel terlaris dengan peminat sangat banyak. Ini karena sebagian besar dari pembeli Samsung J3 memang orang-orang yang hanya mencari smartphone standar, sekedar untuk aktivitas komunikasi sehari-hari seperti menelepon, mengirim pesan, ataupun mengakses social media.

samsung j3 3

Samsung J3 mempunyai RAM sebesar 1,5 GB. Jika kita bandingkan dengan beberapa tipe smartphone lainnya di kelas low-end, RAM 1,5 GB memang bukan yang terkecil, karena ada beberapa yang hanya mempunyai RAM 1 GB. Tapi, jika kita lihat dari segi harga, ada beberapa tipe smartphone dari produsen lain yang harganya relatif sama, tapi RAM nya sudah 2 GB. Walaupun selisihnya tidak seberapa, efeknya kepada performa bisa jadi cukup besar, tergantung cara penggunaannya.

Memori internal Samsung J3 hanya 8 GB. Padahal, biasanya dari 8 GB tersebut hanya sekitar 50% yang benar-benar bisa digunakan oleh penggunanya untuk menyimpan data. Kapasitas tersebut sudah jelas sangat kurang. Para pengguna yang gemar bermain game, berfoto, atau merekam video pasti akan langsung kehabisan memori internal dalam waktu singkat. Untungnya, tersedia dedicated slot untuk microSD dengan kapasitas sampai 256 GB. Tapi tentunya, para pengguna harus membeli sendiri microSD untuk ponsel mereka, dan ini tentunya merupakan pengeluaran ekstra bagi mereka.

back to menu ↑

Ulasan Para Pengguna

Ulasan dari para pengguna Samsung J3 sangat beragam. Ada banyak yang merasa puas, tapi di lain sisi, banyak juga yang merasa tidak puas. Tapi jika dicermati, sebenarnya semua ulasan tadi bergantung kepada ekspektasi para penulisnya. Contohnya, mereka yang merasa puas, memang hanya menggunakan ponsel mereka untuk keperluan komunikasi standar sehari-hari. Sedangkan mereka yang merasa tidak puas dan mengeluhkan bahwa ponsel J3 mereka lambat, tampaknya orang-orang yang berharap terlalu banyak dari smartphone low-end semacam J3 ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa jika kita ingin mempunyai smartphone dengan performa memuaskan, kita harus membeli dari kelas setidaknya mid-end, bukan low-end.

back to menu ↑

Harga Samsung J3 (2016) di Indonesia

Saat ini harga Samsung J3 produksi tahun 2016 di Indonesia sekitar 1,7 juta rupiah untuk unit baru dengan garansi resmi selama satu tahun. Sedangkan unit bekas harga berkisar antara 1,3 sampai 1,4 juta rupiah. Tapi tentunya harga unit bekas ini sangat bergantung kepada kondisi, sisa garansi, dan kelengkapan barang yang dijual. Faktor kebutuhan penjual juga biasanya berpengaruh, karena tidak jarang ada orang yang terpaksa menjual barangnya di bawah harga pasar karena butuh uang cepat.

Untuk pembelian unit baru, pembelian secara online bisa jadi opsi yang menarik, karena harganya cenderung lebih murah dibandingkan konter-konter hp lokal. Sedangkan untuk pembelian unit bekas atau second, lebih baik dilakukan secara langsung, baik itu dengan mengunjungi konter hp lokal, ataupun cash on delivery jika membeli langsung dari pengguna yang mengiklankan barangnya di salah satu marketplace online. Sebelum melakukan transaksi, jangan lupa melakukan tes terlebih dahulu guna memastikan bahwa handphone berfungsi normal. Jika hp tidak berfungsi normal, mungkin akan lebih bijaksana jika anda membatalkan transaksi lalu mencari barang lainnya saja. Toh ada sangat banyak penjual J3 dengan harga sangat beragam.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply