Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4

 Cara mengatasi bootloop Asus Zenfone 4 tak jauh berbeda dengan cara flash pada Zenfone 5. Bootloop merupakan keadaan ketika ponsel dihidupkan ulang, tampilan menu utamanya tidak keluar. Kondisi HP seperti ini biasanya disebabkan oleh sistem yang gagal. Misalnya gagal update atau penyebab lainnya. Jika terjadi bootloop sebaiknya Anda tidak perlu panik karena sekarang sudah ada berbagai cara unntuk mengatasi hal tersebut agar smartphone ANda dapat kembali normal seperti sedia kala.Beberapa alternative yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini diantaranya seperti reboot melalui droid boot, factory reset, bila tidak berhasil Anda dapat mengatasinya dengan tanpa PC atau dengan menggunakan PC via flashtool. Cara tersebut diyakini dapat mengatasi masalah yang HP Anda alami agar kembali normal. Nah dibawah ini adalah penjelasan lengkapnya mengenai cara untuk mengatasi bootloop.

Berikut Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4

1. Tanpa Menggunakan PC / Via SD Card

Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4

Baca juga : Cara Reset HP Asus Zenfone 5 Secara Mudah dan Cepat



Sebelum melakukannya, Anda harus menyiapkan dengan mendownload firmware Asus Zenfone 4 yang dimasukan ke kedalam memori card eksternal. Setalh itu gunakanlah beberapa opsi yaitu, factory reset, reboot, dan SD download. Beruntunglah bagi pengguna Zenfone 4 karena sudah terdapat CMW membuatnya mempunyai menu dalam mode download lengkap. Inilah langkah langkahnya :

– Setelah firmaware asus zenfone 4 behasil di download, matikan ponsel zenfon dan lepas memori eksternalnya.

– Hubungkanlah SD Card ke komputer dengan menggunakan card reader.

– Selanjutnya carilah file berektensi .raw dalam fplder lalu copy ke memori card.

– Jika telah selesai meletakan firmware tadi ke SD Card, lepaskan SD Card dari PC dan pasang ke Zenfone 4.

– Biarkanlah ponsel dalam keadaan off.

– Tekan tombol power + volume down secara bersama sama tahan beberapa saat untk dapat masuk ke mode recovery.

– Pilih SD Download, tunggu kurang lebih 5 menit untuk proses flashing.

– Selanjutnya secara otomatis Zenfone 4 akan melakukan reboot dan Anda akan dibawa masuk ke layar utama setting wizard. Selesai.

2. Menggunakan Flashtool

asus 3

Baca juga : Cara Mengatasi HP Restart Sendiri/Mati Sendiri

Senangnya menggunakan ponsel pintar buatan Asus adalah ketika HP sedang mengalami suatu masalah, Anda bisa memanfaatkan fitur asus flashtool gara dapat memperbaikinya. Sebelum itu ada 3 bahan yang wajib di download terlebih dahulu yaitu Intel Android USB Driver, SP Flashtool, dan Firmware RAW untuk Zenfone 4. Selain itu keadaan baterai ponsel sebaiknya diatas 50% karena jika kurang dari itu ditakutkan proses flashing akan mengalami kegagaln. Nah berikut langkah langkahnya :

– Pertama tama download file raw zenfone 4 dengan kapasitas cukup besar, maka disarankan untuk menggunakan wifi yang sinyalnya stabil dan bandwithnya besar. Bisa didownload menggunakan HP teman ataupun komputer.

– Simpanlah file downloadan tersebut pada memori card, biarkan file berada/disimpan di luar folder untuk mempermudah dalam mencari filenya.

– Matikanlah HP dengan memastikan sdcard telah terpasang dengan baik.

– Selanjutnya tekan tombol power + volume down dengan bersamaan selama beberapa saat untuk dapat masuk mode droid boot. Lepas tombol setelah logo robot hijau muncul.

– Pilih menu SD Download kemudian tekan power untuk memilihnya.

– Ponsel Asus akan melakukan proses flashing secara otomatis. Tunggulah sampai porses selesai. Jika sudah maka ponsel akan merestart dirinya sendiri.

Baca juga : Cara Mengatasi Redmi 3 Bootloop

Jika kedua cara mengatasi bootloop Asus Zenfone 4 diatas berhasil, maka ponsel Anda akan kembali berjalan dengan normal dan tak akan terjadi bootoop lagi. Semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi Anda semua. Terimakasih.

 



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply