Mengatasi Oppo R831K Bootloop Baik PC / Non PC

Oppo R831K merupakan salah satu smartphone yang dikeluarkan oleh produsen ponsel asal Tiongkok. Merk smartphone ini memiliki fitur – fitur canggih yang sangat membantu dalam berbagai aktivitas anda. Salah satu fitur yang mengesankan adalah kecepatan dalam berbagi file layaknya mengoneksikan smartphone ke wifi. Namun, kecanggihan smartphone tersebut akan percuma jika tiba – tiba terjadi masalah seperti bootloop. Walaupun demikian, anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi bootloop oppo R831K sangatlah mudah untuk dilakukan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengatasi smartphone Oppo R831K yang bootloop, anda tentu harus tau apa yang dimaksud dengan bootloop itu sendiri. Bootloop merupakan suatu kerusakan yang umumnya melanda sistem dari ponsel sehingga ponsel tidak dapat masuk ke halaman utama dan tertahan sampai pada logo oppo saja. Dalam mengatasi bootloop anda bisa menggunakan flash tool. Flash tool ini merupakan salah satu aplikasi yang umumnya digunakan untuk menginstall dan mengatasi berbagai masalah smartphone salah satunya bootloop. Untuk tahu lebih jelas cara mengatasi hp bootloop simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Oppo Bootloop



Cara Mengatasi Bootloop Oppo R831K Paling Mudah

1. Dengan Menggunakan Perangkat Komputer

Mengatasi masalah bootloop dengan menggunakan perangkat computer umumnya membutuhkan flash tool, USB Driver dan Stock ROM Firmware pastikan untuk Oppo R831K. Apabila kesemuanya telah dimiliki anda bisa langsung mengekstraknya dan install USB Driver pada perangkat computer. Untuk mengetahui cara flashing Oppo R831K, simaklah langkah – langkah berikut dengan seksama.
a. bukalah hasil ekstrak dari SP Flash Tool pada perangkat computer milik anda, kemudian pilih file “Flash_tool”, lalu klik kanan dan pilih “Run As Administrator”. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat gambar berikut ini. langkah a.
b. Pilihlah “Scatter file” dengan cara klik “Scatter loading” yang berada pada sisi pojok kanan atas. Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut.

langkah b.
c. Bukalah Folder dari Stock ROM yang sudah dipaastikan untuk Oppo R831K, lalu buka file “Android_scatter”, seperti pada gambar berikut.

langkah c.
d. Apabila file yang anda pilih telah terbuka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Langkah selanjutnya adalah tekanlah Download.

langkah d
e. Setelah itu anda harus mematikan hp dan hubungkanlah dengan perangkat computer menggunakan kabel USB (usahakan yang original). Sampai muncul proges bar seperti pada gambar.

langkah e.
f. Apabila proses flashing telah berhasil dilakukan makan akan muncul icon seperti pada gambar.

langkah f.

Baca juga : Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4

2. Tanpa Menggunakan Perangkat Komputer

Mengatasi bootloop tanpa menggunakan perangkat komuter dapat dilakukan dengan wipe data atau recovery mode, lebih jelasnya simak langkah – langkah berikut ini.

a. Matikan smartphone anda, apabila bootloop dapat dengan cara melepaskan baterai.

b. Akses recovery mode dengan menekan tombol volume down dan power. Setelah berhasil masuk lepaskan kedua tombol tersebut.

c. Untuk mempermudah anda bisa memilih penggunaan Bahasa inggris, seperti pada gambar.

Langkah c
d. Setelah itu pilihlah wipe data dan canche serta konfirmasi dengan menekan yes, tunggulah beberapa saat. Untuk lebih jelas anda bisa melihat pada gambar berikut.

langkah d dan e

e. Setelah proses selesai pilihlah menu reboot, lalu konfirmasi dengan menekan yes, lebih jelasnya seperti pada gambar.

f. Hp telas selesai diatasi dan dijamin tidak bootloop lagi.

Baca juga : Cara Reset HP Asus Zenfone 5 Secara Mudah dan Cepat

Demikianlah cara mengatasi bootloop oppo R831K yang dijamin mudah untuk dilakukan baik menggunakan perangkat computer maupun tanpa perangkat computer. Selamat mencoba dan semoga berhasil!



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply