Cara Mengatasi HP Oppo Bootloop

 Oppo merupakan salah satu smartphone yang sedang banyak digandrungi karena berbagai fitur canggih yang melengkapinya. Penggunaan smartphone secara terus menerus tentu akan menyebabkan penurunan kualitas dan munculnya beberapa masalah yang cukup mengganggu. Masalah yang sering muncul diantaranya bootloop, hang, black screen, nge-lag, gagal dalam proses booting atau restart dan yang terparah serta ditakuti oleh orang awam adalah ketika ponsel mati total. Namun, anda tidak perlu khawatir ponsel akan rusak dan tidak bisa digunakan karena cara mengatasi hp oppo bootloop sangatlah mudah untuk dilakukan.Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana langkah – langkah untuk mengatasi ponsel yang bootloop, anda tentu harus tau terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bootloop itu sendiri. Bootloop merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada sistem ponsel yang menyebabkan kegagalan sistem sehingga ponsel tidak bisa masuk ke halaman utama atau menu home dan hanya tertahan sampai pada logo animation oppo. Bootloop sendiri terbagi menjadi tiga tipe yaitu light, medium dan hard. Kesemua tipe tersebut dapat dengan mudah untuk diatasi. Walaupun demikian anda perlu menyimak secara seksama langkah berikut ini.

Cara Mengatasi HP Oppo Bootloop

1. Melalui Recovery Mode Oppo recovery-mode-oppo

Baca juga : Cara Mengatasi Bootloop Asus Zenfone 4

Cara ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis smartphone oppo terutama varian dari oppo joy yang memang mengalami bootloop. Secara teknis tidak ada perbedaan dengan menggunakan teknik pengembalian hp oppo yang sedang mengalami bootloop dengan menggunakan recovery mode dan pengembalian pengaturan hp oppo ke kondisi seperti hp baru yang pertama kali dikeluarkan counter. Langkahnya sangatlah mudah, cukup dengan mengakses recovery mode dan melakukan proses wipe data. Jika proses telah selesai makan hp akan kembali seperti sedia kala.



Baca juga : Cara Reset HP Asus Zenfone 5 Secara Mudah dan Cepat

2. Melalui Wipe Data / Recovery Mode Oppo

Langkah lain untuk mengembalikan hp kesangan anda kekeadaan semula adalah dengan melalui wipe data atau recovery mode. Penasaran bagaimana melakukannya? Berikut ini merupakan langkah – langkah yang bisa anda ikuti untuk mengembalikan kondisi hp seperti semula. Simaklah secara teliti dan cermat karena jika salah melakukan justru akan menimbulkan masalah baru.

1. Pertama – tama anda harus mematikan hp oppo. Apabila hp dalam kondisi bootloop anda bisa mematikan hp dengan mencopot batterai.

2. Akseslah recovery mode dengan menggunakan tombol perintah kombinasi antara tombol volume down dan tombol power secara bersama – sama. Lakukan hal ini sampai muncul tulisan recovery mode, setelah itu lepaskan kedua tombol (tombol volume down dan tombol power) tersebut.

3. Pilihlah Bahasa yang akan digunakan, untuk saran sebaiknya pilih menggunakan Bahasa inggris saja, seperti yang tertera pada gambar. Bagi anda yang menggunakan hp oppo non touch screen, untuk navigasi pemilihan dan untuk memperlancar proses pemulihan ponsel bisa menggunakan tombol volume up dan volume down, sedangkan untuk konfirmasi atau memilih pilihan anda bisa menggunakan tombol power.

Langkah 3

4. Setelah memilih menggunakan Bahasa inggris, maka anda akan diarahkan kepada menu recovery mode.

5. Untuk mengembalikan ponsel anda maka pilihlah wipe data dan cache. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih yes, lalu tunggu hingga beberapa saat. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada gambar berikut ini.

Langkah 5 dan 6

6. Setelah proses wipe data selesai pilihlah menu reboot seperti pada gambar sebelumnya yang diberi symbol angka  2. Untuk melakukan konfirmasi anda harus memilih yes.

7. Hp telah selesai diperbaiki dan semua data pada hp kembali seperti semula dan hanya terdapat aplikasi standart pabrik.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Restart Sendiri/Mati Sendiri

Demikianlah cara mengatasi hp oppo bootloop yang bisa anda praktekan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga sukses!



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply