Cara Mengatasi HP Restart Sendiri/Mati Sendiri

Teknologi yang semakin berkembang pesat dengan didukung fitur-fitur keren yang disematkan didalamnya tentulah mengundang perhatian semua kalangan khususnya anak muda. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa secanggih apapun suatu teknologi jika sudah mengalami masalah pasti membuat jengkel. Berikut cara mengatasi HP restart sendiri/mati sendiri untuk mengatasi kendala smartphone bermasalah yang umum terjadi pada semua ponsel pintar.

Berbagai Cara Supaya HP tidak Restart Sendiri Tanpa Rumit

Setiap smartphone yang anda miliki tentunya mengalami masalah yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya sehingga dalam penanganannya juga berbeda. Perlu diselidiki terlebih dahulu penyebab ponsel pintar mengalami masalah tersebut setelah itu barulah diperlukan cara mengatasi HP restart sendiri/mati sendiri untuk menangani segala kendala yang anda hadapi. Berikut langkah-langkah mendapatkan smartphone hidup kembali seperti semula:

1. Membersihkan Cache Pada Android

clean master



Baca juga : Cara Mengatasi Redmi 3 Bootloop

Banyaknya file sampah pada ponsel yang dihasilkan dari suatu aplikasi yang anda jalankan secara terus menerus tentunya akan menghasilkan banyak cache. Jika sampah tersebut didiamkan tanpa dibersihkan pastilah membuat HP mengalami masalah dan tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga cache perlu dibersihkan dengan cara berikut:
a. Download aplikasi Clean Master di Google Play Store.
b. Install dan jalankan pada smartphone anda.
c. Pilihlah icon tempat sampah lalu klik “Berkas Sampah”.
d. Pilih beberapa file yang ingin dibersihkan.
e. Klik “Bersihkan Sampah”

2. Memasang Anti Virus

Avast-Antivirus-Free

Baca juga : Cara Memperbaiki HP Samsung Mati Total

Ancaman berbahaya bagi system operasi dalam smartphone merupakan virus yang mampu menyebabkan perangkat didalamnya mengalami kerusakan berat. Sehingga diperlukan anti virus serbaguna untuk menangani masalah ini. Gunakanlah aplikasi terbaik supaya masalah tersebut bisa diatasi segera.
a. Download AVAST Mobile Security pada Google Play Store dan install.
b. Buka aplikasi tersebut lalu pilih “Virus Scanner”.
c. Selanjutnya akan muncul masalahnya kemudian klik “Scan Now”.
d. Tunggu hingga proses scanning selesai dan “Resolve All”.

3. Melakukan Factory Reset

factory reset

Ketika masalah terjadi pada smartphone anda yang tiba-tiba tidak dapat dihidupkan maka diperlukan cara mengatasi HP restart sendiri/mati sendiri. Langkah ini berguna untuk mengembalikan semua data pada kondisi baru atau pabrik sehingga seluruh system akan berjalan seperti semula sebelum ke tangan konsumen.
a. Cari menu setelan atau pengaturan di ponsel anda.
b. Scroll kebawah hingga menemukan “Backup & Reset” lalu klik.
c. Pilihlah “Factory Reset” kemudian checklist yang dibutuhkan.
d. Selanjutnya pilih “Reset Device” dan tunggu hingga 5-15 menit hingga reset selesai.
e. Terakhir smartphone akan melakukan restart sendiri.

4. Menghapus Aplikasi Dan Game

uninstall

Kebanyakan data menjadikan ruang yang disediakan di telepon atau micro SD tidak dapat menampung dan membuatnya tidak berjalan dengan baik. selain itu, beberapa aplikasi dan game yang tak compatible jika disematkan dalam ponsel akan membuat system error seperti force close sehingga cara terbaik yaitu menghapusnya dengan langkah berikut:
a. Pilih menu “Settings”.
b. Scroll kebawah hingga menemukan “Apps” dan klik.
c. Pilihlah beberapa aplikasi dan game yang tidak penting.
d. Tap “Uninstall” lalu klik lagi “OK”.

Baca juga : Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 2 Bootloop

Banyak orang bersikap acuh tak acuh terhadap barang yang dimilikinya sehingga saat mengalami sedikit trouble saja sudah kebingungan. Untuk itu, cara mengatasi HP restart sendiri/mati sendiri diatas bisa sebagai solusi mudah untuk mengatasi masalah tanpa kendala lainnya. Tetapi sebelumnya perlu anda tahu bahwa ketelitian dan kesabaran sangat dibutuhkan supaya semua langkah yang kami berikan dapat dijalankan tanpa kendala sekecil apapun.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply