Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 2 Bootloop

 Dengan metode atau cara mengatasi Xiaomi Redmi 2 bootloop diharapkan bagi para pengguna Redmi 2 tak perlu khawatir lagi jika ponselnya mengalami bootloop. Bootlop merupakan kondisi dimana HP tidak bisa ke dalam sistem dan biasanya berhenti di logo merk. Masalah ini sering terjadi diakibatkan oleh kesalahan dalam melakukan update, misalkan Anda mau update ROM melalui TWRP atau lewat Mi Recovery.Mungkin saja terdapat kesalahan sewaktu proses update yang akibatnya ponsel menjadi bootloop.Nah dibawah ini merupakan informasi tentang bagaimana metode atau cara untuk dapat menyembuhkan masalah bootloop. Sebenarnya cara ini tidak hanya dikhususkan untuk Redmi 2, karena semua ponsel pabrikan Xiaomi jika terjadi bootloop cara mengatasinya sama.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa PC Tingkat Medium

Berikut Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 2 Bootloop

1. Tanpa Menggunakan PC

Langkah langkah untuk melakukan flash tanpa PC adalah sebagai berikut :



– Pertama Anda cek terlebih dulu device yang digunakan pada ponsel.

langkah 1a

– Pastikanlah Anda mengeceknya dengan benar sesuai seri.

langkah 1b

– Kemudian download firmware ROM yang di sesuaikan dengan seri ponsel.

langkah 1c

– Pindahkan Firmware yang tadi sudah di download ke memori eksternal, jangan menaruhnya didalam folder biarkan di luar folder agar mudah mencarinya.

– Ubah firmware menjadi update.zip.

– Selanjutnya masuk ke dalam aplikasi updater, pilihlah menu titik 3, klik reboot to recovery mode.

– Jika ponsel Anda mati, dapat menggunakan cara menekan tombol power + volume down untuk dapat masuk ke menu recovery dan selanjutnya memilih bahasa yang di inginkan.

– Tombol vol atas dan vol bawah digunakan untuk navigasi, tombol power untuk konfirmasi.

– Kemudian pilih install update.zip to sistem, klik yes

– Setelah itu maka proses flashing secara otomatis akan berjalan. Pilih back dan reboot untuk masuk ke dalam homescreen.
– Tunggulah sampe booting selesai.

Baca juga : Cara Mengatasi Kuota Terlampaui Google Drive

2. Menggunakan Metode Fastboot

Untuk proses flash sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, tapi Anda harus tetap hati hati karena bila teledor sedikit saja ditakutkan akan terjadi malfungsi di ponsel Anda. Sebelum melakukan cara ini, usahakan baterai di ponsel penuh unyuk dapat terhindar dari kegagalan flashing. Berikutnya dengan mendownload aplikasi Mi phone, dirver USB Xiaomi, download ROM, dan siapkan kabel data. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

– Ekstrack semua file yang sydah didownload ke drive PC, jadikan satu folder saja.

langkah 2a

– Instal driver Xiaomi ke PC.

langkah 2b

– Install aplikasi Mi phone ke komputer Anda, cari file exe, klik kalan pilih run as administrator.

langkah 2c

– Berikutnya kilik tombol browse, pilihlah folder dimana Anda menyimpan file tadi.

– Matikan ponsel kemudian masuk ke fastboot mode dengan mengguakan tombol power + volume down bersamaan. Hubungkan HP ke PC menggunakan kabel data maka akan terdeteksi oleh mi flash tools.

– Ada tiga opsi pilihan, disini Anda harus memilih opsi sesuai dengan kebutuhan.

– Selanjutnya klik tombol flash.

– Tunggu sampai proses selesai dan status complete. Kemudian secara otomatis akan melakukan rebbot dan sistem baru akan dimulai sesuai ROM yang di install.

– Biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit sampai 10 menit untuk proses ini, karena perangkat masih harus menyesuaikan dengan ROM baru.

– Selesai.

Baca juga : Cara Root HP Android Tanpa PC

Bila Anda mengukuti cara mengatasi Xiaomi Redmi 2 bootloop dapat dipastikan ponsel menjadi kembali normal seperti sediakala. Semoga artikel diatas dapat menghilangkan kepanikan karena ponsel Xiaomi Anda yang mengalami bootloop. Terimakasih.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply