Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa PC Tingkat Medium

Memiliki smartphone yang canggih tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, apabila tiba – tiba terjadi masalah tentu membuat kita merasa khawatir. Masalah yang sering muncul adalah bootloop. Bootloop merupakan kata lain softbrick yang sering diartikan dengan keadaan dimana smartphone tidak mau memasuki desktop atau halaman utama, dan hanya pada sampai logo atau icon animation saja. Bila mengalami hal tersebut jangan takut, karena ada cara mengatasi hp bootloop tanpa pc yang mudah dan tentunya berhasil untuk dilakukan.

Yang tidak kalah penting untuk di ketahui adalah penyebab dari perangkat smartphone mengalami bootloop. Beberapa penyebab sering menjadi alasan, seperti melakukan flashing atau install ulang yang tidak jelas, melakukan flash custom rom yang tidak cocok dengan firmware, melakukan perubahan sistem file, mematikan ponsel dengan paksa saat booting, menggagalkan update firmware, dan merubah permission suatu file. Setelah tahu penyebabnya sekarang simaklah ulasan mengatasi hp bootloop tanpa pc berikut ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop Tanpa PC Tingkat Medium Penghapusan Dalvik Cache dan Cache Partition

Bootloop tingkat medium sering terjadi akibat flashing rom baru, menginstall tweaks dan salah flash gapps. Dalam pengaplikasian cara ini, hp harus sudah terpasang custom recovery baik berupa CWM atau TWRP. Sudah penasaran bagaimana caranya? Simak langkah – langkah berikut ini.



1. Untuk memulai anda harus mematikan HP. Bootlah HP ke dalam custom recovery.

33 Langkah B1
2. Setelah itu langsung pilih Wipe Dalvik Cache dan Wipe Cache Partition.

33 Langkah B2
Baca juga : Cara Mengatasi Kuota Terlampaui Google Drive

A. Cara Penghapusan untuk CWM

Apabila telah memasuki CWM, anda bisa langsung melihat dan memilih opsi Wipe Cache Partition. Namun, untuk pilihan Wipe Dalvik Cache, anda harus memasuki opsi Advance terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut ini.
33 Langkah A

Baca juga : Cara Root HP Android Tanpa PC

B. Cara Penghapusan untuk TWRP

Anda harus memasuki TWRP, kemudian bukalah pilihan Wipe dan Advance Wipe kemudian pilihlah Dalvik Cache dan Cache SAJA. Setelah selesai pilihlah Swipe to Wipe. Untuk lebih jelasnya simak gambar dibawah ini. Yang harus diperhatikan adalah jangan sekali kali pilih Swipe to Factory Reset.

3. Apabila anda telah selesai melakukan penghapusan langsung lakukan reboot.

33 Langkah B3
4. Pada saat melakukan reboot, smartphone anda akan melakukan optimalisasi semua aplikasi. Proses ini berjalan sekitar 5 – 10 menit. Untuk itu sebaiknya jangan mematikan ponsel terlebih dahulu sebelum semua proses yang berjalan selesai untuk dioptimalkan.

Apabila proses bootloop belum bisa diatasi dan hp masih bermasalah, anda bisa mengulangi langkah – langkah diatas. Bedanya anda cukup memilih Wipe Data/Factory Reset. Apabila anda telah melakukan bootloop, perlu diketahui tips untuk mencegah terjadinya bootloop kembali pada perangkat smartphone. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 2 Bootloop

C. Tips Agar Smartphone Terhindar dari Bootloop

1. Jangan Lakukan Install Sembarangan
Sebaiknya anda janga mendownload maupun menginstall file sembarangan karena file belum tentu corrupt dengan ponsel yang dimiliki. Walaupun ini bukan merupakan penyebab utama, tapi akan lebih baik jika anda menghindari resiko ini.

2. Perhatikan Model Saat Melakukan Flash Custom ROM
Model custom rom yang berbeda akan menyebabkan bootloop, untuk itu anda harus perhatikan dengan baik model dari custom rom.

3. Saat Flashing GAPPS, Sesuaikan dengan Tipe OS HP GAPPS harus sesuai dengan tipe OS HP, tidak bisa GAPPS OS kitkat dipasang pada HP yang berOS lollipop.

Demikianlah cara mengatasi hp bootloop tanpa pc tingkat medium yang bisa anda praktekan dengan mudah. Selamat mencoba.



We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply