Harga Vivo Y51 dan Spesifikasi November 2017

Vivo Y51 adalah smartphone Android yang sudah diluncurkan ke pasar 2 tahun yang lalu. Tapi, seri smartphone tersebut sampai sekarang masih banyak peminatnya sehingga harganya pun masih relatif bagus. Saat ini harga Vivo Y51 masih sekitar 1,7 juta rupiah. Tidak banyak smartphone mid-range berumur sekitar 2 tahunan yang harganya masih setinggi itu. Tentunya tingginya minat pasar bukan tanpa alasan. Mari kita cari alasannya dengan cara melihat lebih dekat spesifikasi HP Android ini.

Baca: Harga Vivo Y69 dan Spesifikasi November 2017

Spesifikasi Utama

Vivo Y51 Spek Utama
Sistem Operasi Android 5.0.2 Lollipop
Prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Memori 16 GB, 2 GB RAM
Display Touch screen jenis IPS LCD,
16 juta warna, ukuran 5.0 inci,
resolusi 540 x 960 piksel, rasio 16:9 (~220 ppi)
Konektivitas WLAN, Bluetooth, MicroUSB 2.0
Kamera Depan 5 MP
Kamera Belakang 8 MP, autofocus, LED flash
Baterai Non-removable Li-Ion 2350 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM
back to menu ↑

Kelebihan

Dilihat dari segi desain, Vivo Y51 memang terlihat sedikit kaku. Bentuknya cenderung kotak, dengan sudut-sudut yang tajam. Tapi, pada dasarnya bentuk ponsel tersebut juga tidak jelek. Dan kombinasi warnanya juga membuatnya terlihat elegan. Mengingat bahwa Y51 merupakan ponsel mid-range, secara objektif bisa dibilang desainnya sudah cukup bagus. Ukuran layar HP Android tersebut 5.0 inci. Pada tahun 2015 memang ukuran tadi paling populer. Tapi untuk sekarang tampaknya ukuran sedikit lebih besar, yaitu 5.5 inci lebih populer.

Untuk standar smartphone keluaran tahun 2015, sebenarnya Vivo Y51 cukup bagus. Prosesornya menggunakan prosesor quad-core 1.2 GHz, dan RAM nya sebesar 2 GB. Perlu kita ingat bahwa tahun 2015 masih cukup jarang smartphone kelas mid-range dengan RAM 2 GB. Kombinasi prosesor dan RAM tersebut masih ditambah GPU berkualitas untuk memproses grafis. Gabungan antara semua komponen tadi sudah cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi tanpa masalah. Walaupun memang, untuk aplikasi Android yang sedikit berat mungkin akan terjadi sedikit lagging.

vivo y51

Baca: Harga Vivo V3 Max & Spesifikasi November 2017

Kamera Vivo Y51 sudah memenuhi standar smartphone mid-range keluaran tahun 2015. Kamera belakang mempunyai resolusi 8 MP, dan kamera depan resolusinya 5 MP. Hasil jepretan baik kamera depan maupun belakang cukup bagus bahkan termasuk memuaskan untuk HP Android sekelasnya. Dan memang, para pembeli smartphone kelas mid-range semacam ini juga pada dasarnya tidak menuntut terlalu banyak. Selain itu, ada beberapa tipe smartphone lainnya di kelas yang sama yang kualitas hasil jepretan serta rekaman videonya lebih rendah.

Memori internal Y51 sebesar 16 GB. Seperti smartphone Android pada umumnya, tidak keseluruhan dari kapasitas tersebut bisa digunakan untuk menyimpan data. Jadi, kapasitas 16 GB cenderung kurang apalagi bagi para pengguna yang suka mengambil gambar ataupun video dari segala aktivitas mereka. Karena itu lah pada Y51 terdapat slot microSD yang bisa mengakomodasi sampai 256 GB. Slot tersebut merupakan slot dedicated. Jadi para penggunanya dapat menggunakan slot tersebut tanpa harus mengorbankan fungsi dual SIM seperti pada HP Android dengan slot hybrid.

back to menu ↑

Kekurangan

vivo y51 2
Baca: Harga Vivo V5 Lite dan Spesifikasinya November 2017

Baterai yang digunakan oleh Y51 merupakan baterai berkapasitas 2350 mAh. Kapasitas tersebut sebenarnya tergolong standar untuk smartphone tahun 2015. Tapi, banyak pengguna Y51 mengeluhkan performa baterainya. Menurut mereka, performa baterai tersebut di bawah standar. Bahkan, beberapa mengatakan bahwa dalam sehari mereka harus melakukan pengisian tenaga baterai sampai 2 kali. Selain soal baterai, banyak juga pengguna mengeluhkan bahwa tombol Power ponsel mereka sudah tidak bekerja dengan baik, padahal penggunaan mereka belum sampai 1 tahun.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply