Harga Samsung J1 dan Spesifiksinya

Ada banyak alternatif bagi para konsumen yang ingin membeli smartphone Android dengan harga murah. Salah satu alternatif smartphone Android murah yang paling laris di pasaran adalah Samsung J1. Tipe ponsel Android ini sama sekali bukan tipe baru. J1 sudah beredar di pasaran sejak tahun 2015. Kemudian, pada tahun 2016, Samsung meluncurkan versi terbaru dari seri J1, tentunya dengan beberapa perbaikan. Samsung J1 yang akan kami bahas dalam artikel berikut adalah versi tahun 2016, atau versi paling baru dari tipe smartphone low-end ini.

Desain

Samsung J1 mempunyai desain standar. Artinya, tidak ada yang spesial dengan bodi ponsel Android ini, dan bisa dibilang bentuk fisiknya hampir sama dengan beberapa tipe ponsel Samsung lainnya. Dari segi dimensi, J1 terbaru lebih besar jika dibandingkan versi tahun sebelumnya. Versi 2016 ini juga lebih berat, walaupun selisihnya hanya beberapa gram saja. Jika kita bandingkan antara J1 versi 2015 dan versi 2016, ada satu perbedaan besar pada displaynya. Versi pertama layarnya hanya TFT, sedangkan versi terbaru sudah menggunakan AMOLED. Tapi apa istimewanya layar AMOLED? Layar AMOLED menyajikan gambar lebih terang dan tajam jika dibandingkan TFT. Jadi, layar tipe AMOLED sudah pasti lebih nyaman untuk digunakan karena segalanya terlihat lebih jelas serta jernih. Untuk ukuran, layar versi 2016 lebih lebar 0.2 inci dari versi sebelumnya.

Seperti sebagian besar smartphone kelas low-end lainnya di pasaran, pilihan warna untuk tipe J1 tidak banyak, yaitu hanya putih, hitam, dan emas saja. Warna-warna tersebut cenderung polos, dan jauh dari kesan mewah.
Walaupun J1 adalah sebuah ponsel Android kelas low-end dan pastinya tidak ada fitur mewah di dalamnya, tidak ada salahnya jika kita juga melihat lebih detil mengenai spesifikasinya. Karena, spesifikasi adalah hal penting dan harus diperhitungkan sebelum kita memutuskan untuk membeli gadget.

back to menu ↑

Spesifikasi Utama

Spesifikasi Samsung j1 Ace Spek Utama
Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat
Prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
Memori 8 GB, 1 GB RAM
Display Layar sentuh kapasitif super AMOLED ukuran 4.3 inci, 16 juta warna, 480 x 800 piksel (~217 ppi)
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0, A2DP, microUSB 2.0
Kamera Depan 2 MP
Kamera Belakang 5 MP dengan autofocus dan LED flash
Baterai Removable Li-Ion 1900 mAh
Jaringan GSM / HSPA / LTE
SIM Single SIM (Micro-SIM) atau Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
back to menu ↑

Kelebihan

Jika kita amati daftar spesifikasi di atas, akan terlihat bahwa J1 benar-benar standar ponsel Android low-end. Prosesornya adalah prosesor standar, dan memorinya pun hanya 1 GB. Dengan kombinasi antara prosesor dan memori semacam ini, sudah pasti J1 tidak bisa diandalkan untuk multitasking, atau untuk bermain game Android bergrafis detil. Jadi jika kita berbicara mengenai kelebihan, sangat sulit untuk menemukannya karena perangkat standar semacam J1 memang tidak didesain dengan kelebihan tertentu, melainkan hanya pas bagi kebutuhan standar para pengguna ponsel Android kebanyakan. Tapi mungkin bagi orang-orang tertentu, kelebihan dari J1 adalah pembuatnya, yaitu Samsung yang memang sudah mempunyai nama besar.

galaxy j1 3

Satu hal yang mungkin membuat J1 lebih disukai dibandingkan produk sejenis dari para pesaing adalah dukungan jaringan 4G LTE. Karena, masih ada beberapa tipe smartphone Android, yang juga dirilis pada tahun 2016, yang belum mendukung 4G LTE. Jadi bagi mereka yang ingin menikmati stabil dan cepatnya jaringan 4G LTE tapi tidak ingin mengeluarkan uang terlalu banyak, Samsung J1 mungkin adalah alternatif paling baik.

back to menu ↑

Kekurangan

Karena Samsung J1 adalah perangkat low-end standar, otomatis spesifikasinya juga standar. Sehingga, beberapa kekurangan dari hp Android J1 sebenarnya juga dimiliki oleh tipe-tipe smartphone lain di kelasnya. Contohnya, memori J1 hanya sebesar 1 GB saja. Ini jelas tidak besar dan bahkan kurang. Banyak jenis aplikasi Android yang tidak akan berjalan mulus dengan memori sekecil ini. Pengguna smartphone ini mungkin juga akan mengalami kinerja ponsel yang lambat. Untuk memori internalnya, J1 mempunyai sebesar 8 GB. Tapi tentunya, tidak seluruhnya bisa digunakan sebagai sarana penyimpanan. Biasanya yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan hanya sekitar separuhnya saja. Kurangnya kapasitas penyimpanan tentu saja dapat diatasi menggunakan kartu microSD. Untungnya, ponsel Samsung J1 mempunyai dedicated slot untuk microSD dengan kapasitas sampai dengan 256 GB.

galaxy j1 2

Kualitas kamera biasanya menjadi salah satu hal utama yang dipertimbangkan oleh para calon pembeli. Kamera utama ponsel J1 mempunyai resolusi 5 MP. Walaupun ini bukan hal istimewa, tapi jika dibandingkan beberapa ponsel lain sekelasnya, hasil jepretan kamera ini relatif lebih bagus. Sedangkan untuk kamera depannya, yang resoluisnya 2 MP, hasil jepretannya sangat-sangat standar. Tapi, biasanya para pengguna smartphone low-end memakluminya, karena memang sesuai dengan kisaran harganya. Yang penting, kamera depan sudah ada dan bisa untuk selfie.

Baterai Li-Ion 2050 mAh yang ada pada hp Android ini sangat standar dan memang sebagian besar smartphone low-end yang beredar mempunyai kapasitas baterai yang hampir sama. Baterai semacam ini biasanya tidak dapat bertahan seharian, apalagi jika ponsel dipergunakan terus menerus, entah sekedar untuk browsing ataupun bermain game. Jadi para pengguna smartphone ini sebaiknya selalu membawa charger mereka, atau membawa powerbank kalau tidak ingin kehabisan baterai saat sedang beraktivitas. Menurut hasil dari sebuah tes, baterai hp ini mempunyai talk time selama 12 jam, atau 39 jam jika digunakan untuk memutar musik. Tapi seperti yang kita ketahui, talk time dan music playback sulit untuk dijadikan pengukur karena sebagian besar pengguna ponsel saat ini justru jarang menggunakan ponsel mereka untuk hal-hal tersebut.

back to menu ↑

Pendapat Para Pengguna

Walaupun ini adalah salah satu smartphone termurah di pasaran, banyak pengguna yang sebenarnya merasa puas, karena memang mereka tidak menuntut terlalu banyak. Jika hanya untuk aktivitas sehari-hari seperti mengirimkan pesan via SMS atau via WhatsApp, menelepon, atau video streaming, hp Android J1 bisa melakukan semuanya tanpa kendala. Hanya saja, menurut banyak pengguna, jika ingin supaya ponsel ini tetap berjalan dengan mulus, mereka harus secara teratur menghapus cache dan data yang tidak dibutuhkan, serta melakukan boost RAM.

Masih menurut para pengguna Galaxy J1, smart phone ini kualitas layarnya tidak terlalu bagus, tapi masih bisa ditolerir. Dan layarnya belum dilindungi Gorilla Glass, sehingga sebaiknya diberi tempered glass tambahan. Untungnya, aksesoris semacam ini banyak tersedia di pasaran dan harganya relatif murah. Tapi secara keseluruhan, walaupun nyaris tidak ada keistimewaan, menurut sebagian besar pemilik hp Android ini, dengan mempertimbangkan bahwa harganya hanya sekitar 1 juta rupiah, Samsung Galaxy J1 merupakan produk bagus.

back to menu ↑

Harga Samsung J1 Keluaran 2016 di Pasaran

Harga Samsung J1 di beberapa marketplace online sekitar 1,1 sampai dengan 1,25 juta rupiah untuk unit baru dengan garansi resmi dari Samsung. Sedangkan untuk unit second, banyak penjual menawarkan dengan harga 700 sampai dengan 800 ribu rupiah. Ada juga beberapa penjual yang berusaha menawarkan Samsung J1 second dengan harga sekitar 1 juta rupiah, tapi menurut pengamatan kami, barang-barang tersebut kecil kemungkinannya bisa terjual dengan harga setinggi itu. Karena, dengan selisih hanya sekitar 100 sampai dengan 200 ribu rupiah, kemungkinan para pembeli lebih memilih membeli unit baru saja. Unit baru sudah pasti kondisinya bagus, bersegel, dan bergaransi penuh selama 1 tahun.

 Type Hp SamsungPerkiraan Harga Baru
1S8+
11,200.000
2S89,800,000
3S7 Edge7,100,000
4S76,500,000
5S6 Edge+6,800,000
6S6 Edge7,900,000
7S66,700,000
8S55,100,000
9s41,800,000
10S4 Mini1,400,000

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply